Shanghai (ANTARA News) - Honda akan menarik (recall) hampir 570.000 kendaraannya di Tiongkok mulai Februari tahun depan karena kemungkinan cacatnya kantong udara (airbag), kata lembaga pengawas otomotif negeri ini seperti dikutip AFP.

Dua perusahaan patungan Tiongkok milik Honda telah mengajukan rencana mereka itu kepada Administrasi Umum Supervisi Kualitas, Inspeksi dan Karantina guna menarik 553.264 mobil mulai 28 Februari.

Recall ini meliputi 527.136 unit sedan Accord yang dibuat GAC-Honda yang adalah perusahaan patungan antara Guangzhou Automobile Group, mulai dari keluaran Mei 2002 sampai Desember 2007, kata lembaga pengawas itu.

26.128 unit MPV yang diproduksi Dongfeng-Honda (perusahaan patungan dengan Dongfeng Motor Group) di bawah brand Elysion antara Juni 2012 dan Juni 2014, juga akan ditarik.

Kantong udara bagian depan yang kemungkinan cacat di sebelah pengemudi bisa mematangkan selubung inflator ketika dikembangkan dan menciptakan fragmen-fragmen terbang, kata lembaga pengawas otomotif itu.

"Itu bisa melukai penumpang di dalam kendaraan dan memesankan bahaya keselamatan," sambung lembaga pengawas itu.

GAC-Honda juga akan menarik 16.505 Fit Saloon yang dibuat antara  Oktober 2002 dan Desember 2003 atas alasan kesalahan serupa pada sisi penumpang.

Pernyataan perusahaan ini tidak menyebutkan nama pembuat kantong udara, namun surat kabar Jepang Nikkei melaporkan pekan lalu bahwa Honda akan memperluas penarikan kendaraannya untuk disesuaikan dengan kantong udara buatan Takata yang dipakai total 13 juta kendaraannya di seluruh dunia.

Malfungsi kantong udara Takata ini telah dikait-kaitkan dengan lima kematian, termasuk seorang wanita yang mengendarai Honda City 2003 di Malaysia, selain ratusan orang terluka, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014