Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Umar Arsal meminta pemerintah untuk siap sedia menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi seperti longsor dan banjir mengingat sekarang sudah musim hujan.

"Pemerintah beserta jajarannya diminta untuk siaga menghadapi musim hujan ini. Presiden Jokowi segera menginstruksikan kepada Basarnas untuk selalu waspada bilamana sewaktu musibah terjadi," kata Umar di Jakarta, Selasa.

"Karena dalam menghadapi bencana segeala sesuatunya harus disiapkan dan siaga, seperti tanah longsor alat berat, penyemprot tanah, peralatan pengangkut tanah. Jadi kesiagaan tidak hanya menghadapi banjir saja, tapi siaga dalam menghadapi bencana," harap Umar Arsal.

Khusus kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Umar meminta agar segera memperbaiki daerah-daerah atau titik yang dianggap rawan bisa menimbulkan longsor akibat hujan.

"Sebelum hujan melanda besar, baiknya segala sesuatu diantisipasi seperti perbaikan kali, jalan, tebing dan sebagainya," kata anggota DPR Ri.

Terkait bencana tanah longsor di Banjarnegara, katanya, Divisi Tanggap Darurat DPP Partai Demokrat telah menerjunkan tim Rajawali Siaga Bencana (Ragana).

"Tentunya untuk membantu sesama saya selaku Ketua Divisi Tanggap Darurat DPP Partai Demokrat sudah instruksikan relawan siap siaga selalu, baik dari penanganan para korban, sampai antisipasi untuk pengungsian korban yakni dapur umum, dokter. Dan kita juga sudah menempatkan dua tangki air bersih dan dokter dilokasi bencana," kata polisiti asal Sulawesi Tenggara ini.

"Pak SBY selaku Ketua Umum Partai Demokrat sudah intruksikan sebagai kader Partai Demokrat harus dekat dengan rakyat. Jadi kita selalu siaga dalam membantu sesama. Jadi tidak perduli pemerintahannya siapa yang penting bisa membantu rakyat, " kata Sekertaris Kapoksi V DPR RI Fraksi Partai Demokrat.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014