Malang (ANTARA News) - Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Malang Sayekti berharap siswa tidak sampai dijadikan korban kurikulum, apapun nama pengganti Kurikulum 2013 nanti, apalagi kalau hanya untuk memenuhi ambisi dan kepentingan tertentu.

"Pemerintah harus mengaji terlebih dahulu secara detil dan matang terkait pengganti Kurikulum 2013 nanti agar tidak berhenti di tengah jalan seperti yang terjadi saat ini dan siswa juga tidak menjadi korban terus menerus, baik karena kurikulum maupun sistem pendidikan dan sistem ujian akhir," katanya di Malang, Jawa Timur, Selasa.

Dengan adanya kajian matang, lanjutnya, ketika dilaksanakan di semua sekolah, tidak akan terjadi lagi penghentian di tengah jalan, padahal belum semua sekolah melaksanakan Kurikulum 2013 karena baru berjalan sekitar tiga semester terakhir.

Ia mengemukakan siswa kelas 9 (3 SMP) yang tahun ini Ujian Nasional (UN) masih tetap menggunakan kurikulum lama (2006), namun untuk kelas 7 dan 8 menggunakan Kurikulum 2013. Yang sudah telanjur melaksanakan, mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan dengan kurikulum baru nanti pada semester berikutnya dan yang belum melaksanakannya tidak masalah.

Sayekti berharap kurikulum baru nanti ada perbaikan signifikan yang bisa membentuk karakter anak bangsa dan pelajaran tentang Pancasila maupun UUD 1945 yang semakin sedikit jamnya juga ditambah menjadi lebih banyak lagi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Malang Budi Iswoyo mengaku secara resmi belum menerima surat dari kementerian terkait pembatakan Kurikulum 2013. "Hampir seluruh sekolah di Kabupaten Malang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 dan guru-guru juga sudah ada yang mengikuti pelatihan maupun pendampingan pelaksanakan Kurikulum 2013," katanya.

Sementara itu di Kota Malang, dalam waktu dekat ini seluruh kepala sekolah negeri dan swasta akan mengadakan pertemuan guna membahas Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswesdan yang merevisi pemberlakuan Kurikulum 2013.

Anggota DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menyayangkan kebijakan Kemendikbud yang menghentikan Kurikulum 2013 (K13) karena kebijakan itu membuat siswa bingung dan kesulitan mengikuti proses belajar. "Tidak hanya siswa, guru pun pasti kesulitan, kan sayang, sudah menghabiskan biaya besar untuk melatih guru, ternyata sia-sia," tegas Sekretaris Komisi C DPRD Kota Batu tersebut.

Apalagi, lanjutnya, Kurikulum 2013 masih baru dan belum semua sekolah menerapkannya. Di Kota Batu, baru ada beberapa sekolah saja, seperti SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN 1.

"Seharusnya pembatalan ini dilakukan pada saat tahun ajaran baru, untuk itu kami akan secepatnya mengundang Dinas Pendidikan untuk dengar pendapat terkait kebijakan ini, bagaimana solusinya agar tidak sampai proses belajar mengajar terganggu, apalagi jika siswa sampai menjadi korban," ujarnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014