Kalo perusahaannya iya (Rp1 triliun) kalau pribadi ya tidak punya. Saya punyanya perusahaan yang banyak
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"LHKPN Bu Susi sudah diserahkan kemarin," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Kamis.

Susi adalah menteri kedelapanbelas dalam Kabinet Kerja yang melaporkan LHKPN ke KPK.

"Cuma menyerahkan saja harta kekayaan," kata Susi pada Rabu malam (3/12). Namun Susi tidak mengungkapkan jumlah hartanya.

"Gak tahu gak dibuka tadi," katanya.

Susi mengakui bahwa harta perusahaannya bisa mencapai Rp1 triliun, tapi bukan harta pribadinya.

"Kalo perusahaannya iya (Rp1 triliun) kalau pribadi ya tidak punya. Saya punyanya perusahaan yang banyak," ungkap Susi.

Sebelum Susi, ada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah AAGN Puspayoga yang menyerahkan dokumen LHKPN ke KPK.

Selanjutnya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Keuangan Bambang Brodjojonegoro, Menteri Kesehatan Nila Juwita F Moeloek, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokorasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Sebelum menjadi menteri, Susi menjabat sebagai Presiden Direktur Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan

Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya pilot asing.

Pada 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014