Makassar (ANTARA News) - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, kembali mengajak konsumen menguji kehematan konsumsi bahan bakar dari city car andalannya.

Bekerja sama dengan PT Bosowa Berlian Motors, sebagai lini penjualan kendaraan Mitsubishi di kawasan Indonesia timur, Mirage Eco Fun Drive digelar di Makassar, Minggu (30/11), dengan total peserta 32 kendaraan.

Dari hasil keliling Kota Makassar, Mitsubishi Mirage mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata (average fuel consumption) terbaik 17,7 km/liter untuk transmisi manual yang diraih Muhammad Agus dan 20,1 km/liter untuk matik yang dicatat oleh Arifin Raseng.

Sementara itu, juara kedua tipe manual diperoleh Andi Taufiq dengan mencatat angka 16,9 km/liter dan untuk tipe matik diraih Arwini Yuditasari dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 19,7 km/liter.

Sedangkan urutan ketiga tipe manual dijuarai oleh Irawati yang mencatat konsumsi bahan bakar sebesar 15,9 km/liter dan untuk juara ketiga tipe matik diperoleh Yusriani dengan catatan 17,8 km/liter.

Juara pertama Mirage Eco Fun Drive tipe manual Muhammad Agus mengaku mengikuti arahan dari pebalap Subhan Aksa yang sempat berbagi tips menghemat konsumsi bahan bakar dalam berkendaraan sebelum acara. Meskipun begitu, ia tetap menyalakan AC dan terbukti bahwa Mirage tetap irit.

"Tadi saya berkendara konstan, jaga akselerasi gasnya. Saya juga menjaga agar tidak rem mendadak," kata Agus yang bekerja sebagai pegawai swasta.

Sehari-hari, Agus yang banyak bekerja di luar kantor sudah biasa menggunakan Mirage dengan menempuh perjalanan hingga 50 kilometer.

"Saya sehari hanya habis Rp50.000 untuk pulang pergi dengan jarak 100 kilometer. Selain hemat bahan bakar, saya suka Mirage karena akselerasinya kencang, nyaman dan penampilannya tidak murahan," tutur Agus.

Mirage Eco Fun Drive Makassar mengambil rute mulai dari garis start di kantor pusat Bosowa Berlian Motor, Jalan Poros Makassar, lalu dilanjutkan ke pos pertama di Menara Bosowa kemudian pos kedua terletak di Celebes Convention Center (CCC) dimana sedang digelar acara Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2014. Peserta lalu melanjutkan perjalanan ke kawasan Akkarena, Tanjung Bunga, yang sekaligus menjadi titik finish.

Dalam setiap check point, peserta melaporkan tingkat konsumsi BBM Mirage yang tertera di layar MID. Tingkat konsumsi bahan bakar pada MID dicatat dan kemudian dijumlahkan serta dibagi tiga untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar rata-rata.

Sebelumnya, Mitsubishi Mirage telah dibuktikan performanya secara langsung oleh pereli legendaris Paris Dakar, Hiroshi Masuoka. Dalam acara "Eco-Smart Drive, The Reality Challenge-Rainbow in Paradise", Hiroshi Masuoka membuktikan tingkat konsumsi bahan bakar Mitsubishi Mirage GLX yang mencapai 24,20 km/liter.
(M047)

Pewarta:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014