Surabaya (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak, Surabaya,   mengimbau masyarakat setempat mewaspadai sambaran petir pada awal musim hujan karena bisa membahayakan keselamatan jiwa.

"Selain angin puting beliung, sambaran petir juga harus diwaspadai saat awal musim hujan seperti sekarang ini," kata staf instansi itu, Eko Prasetyo, di Surabaya, Jumat.

Menurut catatan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, dalam sebulan terakhir sudah lebih dari 1.000 kali sambaran petir di sejumlah daerah di Jatim seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Malang.

Sebagian besar wilayah Jatim sudah masuk awal musim hujan pada dasarian ketiga November di antaranya wilayah pesisir utara dan sebagian lainnya baru masuk musim hujan pada dasarian pertama Desember seperti Madura.

"Menandai awal musim hujan, awan cummulus nimbus atau awan hujan sudah banyak muncul di lingkungan kita. Munculnya awan hujan seperti ini biasanya juga berpotensi terjadi angin puting beliung maupun sambaran petir. Jadi, harus waspada," katanya.

Pewarta: Slamet Purnomo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014