Jakarta (ANTARA News) - Oppo Indonesia menggelar kontes business plan bertajuk Oppo Initiator di perhelatan Startup Asia Jakarta 2014, berikut persyaratan bagi startup yang ingin ikut serta.

Salah satu syaratnya, yakni startup berusia maksimum dua tahun dan satu tim maksimal beranggotakan lima orang.

Setelah itu, setiap tim menjelaskan ide bisnis dalam bentuk video berdurasi satu menit dan diunggah ke YouTube.

"Peserta wajib menggugah video bedurasi satu menit ke YouTube atau ke http://initiator.oppomobile.co.id/. Kemudian menyebarluaskan video melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook dengan tagar #OPPOsupportsStartup," kata  Brand Director Oppo, Ivan Lau.

Ivan lalu mengatakan video yang diunggah sejak 26-10 Desember 2014 harus menggambarkan penjelasan umum mengenai ide startup yang dijalankan.

"Kami ingin melihat value dari bisnis mereka. Dari video berdurasi satu menit itu apakah mereka bisa mengungkapkan pandangan yang jelas dari bisnisnya."

Setelah itu, para juri akan menjaring sepuluh peserta untuk maju ke fase kedua pada 12 Desember 2014.

Pada tahap dua itu sepuluh besar akan dihubungi untuk membuat presentasi. Dengan ketentuan, maksimal 20 halaman dan presentasi dikumpulkan dalam format PPT atau Keynote.

"Pada presentasi itu berisi penjelasan startup mengenai bisnis, model bisnis, pengaruh positif yang diberikan startup terhadap lingkungan atau komunitas sekitar," katanya. "Dan proyeksi arus kas dan keuntungan selama satu tahun ke depan."

Presentasi final di depan juri dilakukan pada 17 Desember.

Ivan Lau mengatakan salah satu kriteria penilaian, yakni kualitas dan orisinalitas ide bisnis.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 18 Desember 2014.

"Bagi startup terbaik akan mendapatkan hadiah senilai 300 juta rupiah dan makan malam dengan pendiri Kaskus Andrew Darwis di Jakarta," katanya.

"Selain itu akan mendapatkan kesemptan free booth di forum Startup Asia 2015 di Singapura, dengan akomodasi dan transport akan ditanggung Oppo."

Handphone Oppo Yoyo juga menanti masing-masing pemenang.

"Kami belum memikirkan tentang kontrak, tetapi nantinya kami akan berdikusi dengan para pemenang," tambah Ivan lagi.

Oppo Initiator adalah sebuah kontes business plan hasil kolaborasi bersama antara Oppo Indonesia dan Startup Asia yang dibuat untuk mencari dan mengembangkan potensi wirausaha di Indonesia.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014