Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto bersama Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Fahri Hamzah serta Ketua Komisi XI Fadel Muhammad, dan Wakil Ketua Komisi XI Gus Irawan Pasaribu menerima kunjungan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dari BPK hadir ketuanya, Harry Azhar Aziz, serta pimpinan lainnya seperti Achsanul Qosasi, Sapto Amal Damandiri, Agung Firman Sampurna, Bahrullah Akbar dan Hendar Ristiawan (Sekjen BPK RI).

Ketua DPR RI, Setya Novanto menyatakan, pertemuan dengan BPK RI itu untuk membahas bagaimana peningkatan kerjasama dalam pemeriksaan kinerja dan ini penting bagi pemerintah.

"Banyak hal yang kita bicarakan, khususnya soal meningkatkan pengawasan keuangan negara," kata Novanto usai bertemu dengan pimpinan BPK RI, Jakarta, Selasa.

Anggota BPK RI, Achsanul Qosasi, mengatakan bahwa pertemuan dengan pimpinan DPR RI digelar dalam rangka meningkatkan hubungan kedua lembaga dalam pengawasan keuangan negara.

"Nanti akan ada kerjasama dalam bentuk perjanjian secara teknis untuk mengawasi keuangan negara karena DPR adalah pengawas dan BPK adalah pemeriksa, maka akan sangat bagus bila ada sinergi," kata Achsanul di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Sedangkan, Ketua BPK, Harry Azhar Aziz menyebutkan, untuk teknis pelaksanaan kerjasama antara DPR dan BPK akan ditindaklanjuti oleh masing-masing Sekretariat Jenderal.

"Kita tugaskan Sekjen masing-masing untuk mengeleboarsi pola kerjasama tersebut. Kita inginkan fungsi pengawasan dan pemeriksaan bisa singkron," kata Harry.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014