Kita bersyukur ada kesepakatan bersama, sehingga siang ini untuk penyerahan nama-nama AKD akan ditayangkan nama-nama dari PPP yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak,"
Jakarta (ANTARA News) - DPR mensahkan nama-nama anggota Fraksi PPP dan Fraksi Nasdem untuk masuk dalam Alat Kelengkapan Dewan, yang disahkan dalam sidang paripurna pada Selasa (18/11).

"Kita bersyukur ada kesepakatan bersama, sehingga siang ini untuk penyerahan nama-nama AKD akan ditayangkan nama-nama dari PPP yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak," kata Ketua DPR Setya Novanto dalam sidang paripurna, Jakarta, Selasa.

Setya mengatakan PPP pada Selasa (18/11) di ruangannya mulai pukul 11.00 WIB sampai 14.00 WIB yang dihadiri Hasrul Azwar dan Epyardi Asda sementara dirinya didampingi Fadli Zon.

Menurut dia, nama-nama yang sebelumnya diserahkan pun dianggap gugur dan digantikan dengan susunan yang baru.

Fraksi Partai Nasdem tidak ada masalah untuk menyerahkan nama alat kelengkapan dewan, dari mulai komisi hingga badan di DPR.

Sementara itu Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB dan Fraksi Hanura, hanya menyerahkan nama anggota fraksinya untuk ditempatkan dalam sebagian alat kelengkapan dewan.

Fraksi PDI Perjuangan hanya menyerahkan susunan nama untuk anggota Badan Legislasi (Baleg) dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). Hal itu juga dilakukan oleh Fraksi PKB sedangkan Fraksi Partai Hanura hanya menyerahkan susunan anggota Baleg.

"FPDI Perjuangan, PKB, dan Hanura supaya menyampaikan secara tertulis, dan sudah dianggap disahkan di Paripurna. Kami tunggu minggu ini,"

Pimpinan sidang Setya Novanto mengetuk palu sidang dan memberi waktu untuk fraksi-fraksi yang belum menyerahkan susunan anggota hingga pekan depan.

Sebelumnya perwakilan Fraksi PDI-P Utut Adianto menyampaikan nama anggota fraksinya dalam Baleg dan BURT dalam sidang paripurna pada Selasa (18/11).

Nama anggota Fraksi PDIP yang duduk di Baleg antara lain Arief Wibowo, Dwi Ria Latifa, Jalaludin Rahmat, Rieke Dyah Pitaloka, dan Adian Napitupulu. Sementara di BURT Fraksi PDIP menempatkan nama-nama antara lain Indra Simatupang dan Indah Kurnia.

Penyerahan nama anggota Fraksi PDIP di Baleg dan BURT itu ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDIP Olly Dondokambe dan Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto.

Sementara itu perwakilan Fraksi PKB di DPR Jazilul Fawaid mengatakan BURT dan Baleg merupakan Alat Kelengkapan Dewan yang tidak terpisahkan antara satu dengan lainnya.

Jazilul menyampaikan beberapa nama anggota F-PKB untuk menempati BURT dan Baleg.

Untuk di Baleg ada Jazilul Fawaid, Malik Haramain, Marwan Dasopang, dan Taufik R Abdullah. Sementara itu untuk BURT ada nama Agus Sulistiyo dan Neng Eem Mrhamah Zulfa Hiz.

Sidang paripurna DPR pada Selasa (18/11) mengagendakan penetapan Anggota Fraksi-fraksi pada AKD dan laporan Baleg tentang Rancangan Peraturan DPR tentang Pengelolaan Tenaga Ahli dan Staf Admin Anggota yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014