Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Tiff Needel yang mengendarai truk Volvo FH menantang salah satu mobil sport tercepat Koenigsegg One:1.

Adegan tersebut ada dalam film terbaru Truk Volvo. Balap itu bertujuan melakukan tes pada gearbox I-Shift Dual Clutch di truk Volvo FH.  

Truk Volvo FH adalah sebuah transportasi untuk pekerjaan berat, sementara Koenigsegg One:1 adalah mobil sport yang dapat mencapai kecepataan dari 0-400 km/jam dalam waktu kurang dari 20 detik.

Dalam hitungan detik, dua kendaraan ini saling berhadapan di sirkuit balap Knutstorp di Swedia Selatan.

Sirkuit yang dikenal dari lekukan-tanjakan dan belokan yang tajam.

Supaya adil, truk Volvo FH akab berjalan satu lap, sementara Koenigsengg dua lap.

"Sebagai pebalap, Anda tidak pernah takut. Anda harus selalu percaya pada mesin yang Anda punya," kata Tiff Needell.

"Saya merasa sedikit gelisah karena akan mengemudikan sebuah truk di rute balap, karena belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun, setelah saya coba mengemudikannya beberapa kali, saya percaya dengan Volvo."

Keputusan untuk menantang mobil balap dengan truk itu bukan suatu kebetulan.

Transmisi Volvo FH yang baru saja diluncurkan, yaitu I-Shift Dual Clutch, berdasarkan teknik yang digunakan untuk mobil sport.

"Menggabungkan sebuah Volvo FH dengan Koenigsegg One:1 adalah sebauh tantangan hebat untuk melihat jika gearbox baru bisa menjanjikan kemudahan mengemudi," kata Per Nilsson, PR Director dari Volvo Trucks.

Tiff Needell mengaku terkesan pada performa Volvo FH.

"I-Shift Dual Clutch sangat menakjubkan. Performanya sangat terasa pada jalan yang mirin karena truk tidak terhambat dan bisa berkalan mulus tanpa merasakan perbedaan saat pergantian kopling," kata Needell.

"Ketika menginjak rem, truk ini langsung berhenti dengan halus dan nyaman."

Sementara pendiri dan CEO Koenigsegg berkata, "Kami selalu terbuka pada tantangan yang menyenangkan. Secara bersamaan, senang rasanya dapat balapan melawan truk Volvo."
Penerjemah: Okta Antikasari
Copyright © ANTARA 2014