Yogyakarta (ANTARA News) - Tim mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan mengikuti Kontes Mobil Listrik Indonesia VI di Politeknik Negeri Bandung, 14-16 November 2014.

"Dalam ajang tersebut kami akan menampilkan hasil karya kami Mobil Listrik Kaliurang Unisi"," kata Ketua Tim Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Nazri Afandi Pasaribo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, "Mobil Listrik Kaliurang Unisi" itu telah dipersiapkan selama sekitar satu tahun.

Mobil listrik itu memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mobil listrik lain di antaranya kendali utamanya menggunakan sistem operasi android yang saat ini banyak digunakan untuk "smartphone".

Fiturnya hampir sama dengan android seperti menggunakan "password" proteksi. Meskipun mobil dalam keadaan hidup jika kata kuncinya tidak dimasukkan dengan benar maka mobilnya tidak akan jalan.

"Desain mobil listrik yang akan ditampilkan dalam kontes mobil yang diikuti tim dari 20 universitas di Indonesia itu juga murni hasil kreativitas tim pembuatan mobil listrik," katanya.

Rektor UII Harsoyo mengatakan seiring meningkatnya kebutuhan tranportasi dan semakin menipisnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, menuntut adanya penemuan alat transportasi yang menggunakan bahan bakar nonminyak bumi yang ramah lingkungan.

"Mobil listrik mungkin bisa menjadi jawaban atas permasalahan itu. Namun, popularitasnya memang belum maksimal sehingga masih dibutuhkan proses yang panjang untuk merealisasikannya," katanya.

Menurut dia, UII sebagai universitas yang peduli terhadap kemajuan teknologi dan keseimbangan alam terus berusaha untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswanya dalam rangka mengembangkan dan menciptakan terobosan baru sebagai bentuk kreativitas mereka.

"Salah satu yang menjadi sorotan terkait dengan kreativitas mahasiswa adalah keberhasilan mahasiswa menciptakan Mobil Listrik Kaliurang Unisi," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu langkah yang bagus bagi UII untuk mendukung kreativitas mahasiswanya.

"Kami berharap selama mengikuti kontes dapat membawa nama baik UII di mata perguruan tinggi lain. Kami berharap dapat mencapai hasil yang positif," katanya.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014