Surabaya (ANTARA News) - Setelah digelar di Jakarta dan Surabaya, Avanza Pop You Up digelar di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, diikuti oleh 10 peserta mulai dari jomblo sampai pelanggan yang sudah berkeluarga.

"Kami mengapresiasi para pemilik Avanza yang mendandani mobil mereka sehingga tampil beda, menarik, dan unik," kata GM Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo, pada pelepasan peserta Avanza Pop You Up, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Ia mengatakan cara unik para pemilik Avanza mendandani mobil mereka sehingga berbeda dengan pemilik avanza lainnya telah menginspirasi pihaknya untuk membuat program tersebut.

"Ternyata Avanza bisa didandani sesuai dengan karakter pemiliknya, tidak hanya keluarga tapi juga anak muda," ujar Widyawati.

Hal itu terbukti dari 10 peserta Avanza Pop You Up sebagian besar peserta adalah kalangan anak muda yang belum menikah, di samping keluarga muda dengan anak satu.

Sebagian besar dari para peserta mengaku memilih Avanza karena irit, bengkelnya banyak, serta mudah dimodifikasi sesuai karakter mereka.

Dimas, salah satu peserta yang mengaku masih jomblo mengatakan mulai memiliki Avanza tahun 2005, kemudian membeli lagi tahun 2011 dan terakhir 2013.

"Saya jatuh cinta pada All New Avanza karena irit dan bisa jadi mobil keluarga, muat 7-8 penumpang," katanya.

Beda lagi dengan anak muda lainnya, Sonny yang memiliki Avanza tahun 2013 mengaku suka Avanza karena mudah dimodifikasi.

"Saya dandani (Avanza) pada body kit dan velg, dengan ide transformer," ujarnya. Sedangkan Dody, bapak satu anak, mengaku membeli Avanza sebagai mobil keluarga.

"Saya beli menjelang kelahiran anak, mengingat Avanza bisa memuat banyak peralatan anak bayi," katanya.

Selain itu, untuk modifikasipun lebih mudah konsepnya, serta yang terpenting, kata dia, bengkel resminya banyak.

Widyawati berharap dengan populasi Avanza yang banyak dan penjualan yang masih tinggi sekitar 13 ribu per bulan di seluruh Indonesia, program Avanza Pop You Up bisa mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

"Kreativitas para pemilik Avanza untuk mendandani mobil mereka sesuai dengan karakter masing-masing, bisa mendorong tumbuhnya industri kreatif di Indonesia, seperti industri stiker body mobil atau aksesoris eksterior lainnya," kata Widyawati.

Sejak dipasarkan pertama kali tahun 2004 sampai September 2014 populasi Avanza telah mencapai 1,233 juta unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami berencana mengembangkan kegiatan Avanza Pop You Up ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Makasar dan Medan," katanya.

Surabaya dipilih menjadi kota ketika setelah Jakarta dan Semarang, karena selain menjadi pasar Avanza kedua terbesar setelah Jakarta, juga bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November, kata Widyawati.

Para peserta berkonvoi pada rute yang ditentukan mengelilingi kota Surabaya, dan mengambil foto-foto selfie di berbagai latar belakang yang dilombakan dengan hadiah total enam juta rupiah.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014