Jakarta (ANTARA News) - Semua sepeda motor matik Honda akan menggunakan teknologi ESP (Enhanced Smart Power) pada tahun 2015.

Teknologi yang menjadi andalan Honda dengan mengusung keunggulan hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan performa tinggi itu pertama kali diaplikasikan pada motor matik PCX menyusul kemudian Vario Techno 125.

"Teknologi itu akan ditularkan ke seluruh matik seperti Beat, Scoopy, dan Vario 110cc," kata General Manager Sales Divison Thomas Wijaya PT Astra Honda Motor, Kamis.

"Targetnya, akan kami mulai awal tahun 2015 sehingga sampai penghujung tahun depan produk kami semuanya menggunakan teknologi ESP," tambahnya.

Thomas menegaskan, meskipun nanti teknologi ESP diaplikasikan pada Honda Beat, Scoopy, dan Vario 110, namun dipastikan tidak ada kenaikan harga.

"ESP sudah diimplementasi di vario techno dan PCX, sehingga kalau di beat, scoopy, vario 110, kalau diaplikasikan maka itu volume besar jadi tidak ada cost yang besar," ujarnya.

Menurut Thomas, teknologi ESP memiliki keunggulan antara lain mesin halus, gesekan mesin dan ruang pembakaran yang efisien, juga saluran udara yang efisien sehingga pembuangan emisi jadi lebih bagus.

"Serta 10-20 persen lebih irit dari yang tidak menggunakan teknologi ESP," kata Thomas.

Namun, teknologi ESP ini belum direncanakan untuk diaplikasikan juga pada motor yang bukan matik.

"Sejauh ini ESP masih fokus di matik karena teknologi ESP nge-link dengan ISS," tambahnya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014