Jakarta (ANTARA News) - Calon Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan dirinya ingin agar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapat berjalan harmonis di MPR.

"Harus kita bangun bekerja secara harmoni DPR dan DPD untuk bangsa. Kita dengar suara DPD sayup-sayup, untuk itu tugas MPR lah untuk memeperkuat itu," katanya saat menyampaikan visinya di depan sidang paripurna untuk pemilihan pimpinan MPR di Gedung Nusantara , Jakarta, Selasa jelang tengah malam.

Zulkifli mengatakan siap untuk mengemban tugas dengan segenap kemampuan yang dimilikinya bila terpilih sebagai Ketua MPR.

Zulkifli Hasan dicalonkan oleh lima fraksi. Dia diusung sebagai ketua dan didampingi empat wakil ketua yaitu Mahyudin (Partai Golkar), EE Mangindaan (Partai Demokrat), Hidayat Nurwahid (PKS) dan Oesman Sapta Odang (DPD).

Zulkifli akan bersaing dengan paket pimpinan yang diusulkan Koalisi Indonesia Hebat yang mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai Ketua MPR dengan empat wakilnya.

Empat Wakil Ketua MPR yang diajukan Koalisi Indonesia Hebat yaitu, Ahmad Bashara (PDIP), Imam Nachrowi (PKB), Hasrul Azwar (PPP) dan Patrice Rio Capella (NasDem).

Sementara itu, MPR memutuskan untuk memilih pimpinannya dengan melaksanakan pemungutan suara secara tertutup.

Di MPR terdapat sepuluh fraksi yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PKB, PPP, Partai Hanura, Partai NasDem dan PKS, serta Kelompok DPD. (M041/I015)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014