Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat II Ade Rezki Pratama berusia 26 tahun terpilih menjadi Pimpinan Sementara DPR RI.

Pria kelahiran di Bukittinggi, 8 November 1988 itu terpilih sebagai pimpinan sementara karena memiliki usia termuda di antara anggota DPR terpilih lainnya.

Dalam memimpin DPR tersebut ia di dampingi oleh Popong Otje Djundjunan kader partai Partai Golongan Karya (Golkar) berasal dari Dapil Jawa Barat I.

Wanita lahir di Bukittinggi, kelahiran Bandung 30 Desember 1938 tersebut tercatat Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai anggota DPR dengan usia tertua yakni 76 tahun .

Sementara itu Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih Riri Damayanti sebagai calon angota dengan usia termuda yakni berumur 24 tahun. Perempuan kelahiran Bengkulu 4 Februari 1990 itu berasal dari (Dapil) Provinsi Bengkulu.

Ia didampingi oleh Mudaffar Sjah dengan usia 79 tahun. Ia lahir di Ternate 13 April 1935 Dapil Provinsi Maluku Utara itu tercatatsebagai anggota DPD terpilih usia paling tua.

Selain itu untuk Pimpinan Sementara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) terpilih Mudaffar Sjah sebagai pimpinan usia tertua dan Ade Rezki Pratama sebagai Pimpinan Sementara usia termuda.

Pengumuman usia termuda dan tertua sebagai Pimpinan Sementara DPR, DPD dan MPR tersebut dikeluarkan KPU Nomor 01/Peng/KPU/Tahun 2014 Tentang Anggota DPR & DPD Tertua dan Termuda usianya dalam Pemilu 2014 yang diterima Selasa.(*)

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014