Jakarta (ANTARA News) - Indonesia International Motor Show tak melulu menjadi lahan penawaran produk-produk otomotif beserta aksesorisnya, tapi juga menjadi tempat sosialisasi program tanggung jawab sosial perusahaan oleh beberapa agen tunggal pemegang merek.

PT Astra Daihatsu Motor misalnya, menyampaikan kegiatan konservasi penyu yang sudah mereka lakukan bersama sejumlah klub-klub binaan selama tahun 2014 yang bertajuk "Penyu untuk Indonesia".

"Program pembinaan ini mendapat sambutan baik sejak diluncurkan 2011," kata Koordinator Eksekutif Divisi CSVC ADM, Budi Mahendra, di sela-sela IIMS, Minggu.

Selama 2014 ADM bersama klub binaan Daihatsu telah membangun dua fasilitas konservasi penyu di Pulau Pramuka dan Batu Hiu Pangandaran, yang melengkapi dua fasilitas serupa lain di Prancak Bali dan Pantai Pangumbahan Ujung Genteng.

Di Pulau Pramuka, ADM bersama Terios Rush Club Indonesia (Teruci), Daihatsu Ceria Club Indonesia (CCI) dan Taruna Owners (TO) bekerja sama dengan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu membangun sejumlah fasilitas konservasi penyu.

Sementara di Batu Hiu Pangandaran, ADM mengajak klub Charade Classy Winner (C2W), Daihatsu Zebra Club (ZEC) dan Daihatsu Taruna Club (DTC) melakukan sejumlah aktivitas seperti renovasi kolam penangkaran tukik, pengadaan pompa air laut, pembangunan tembok pelindung konservasi dan pembuatan sistem drainase ramah lingkungan.

Pada mulanya, Penyu untuk Indonesia di tahun pertamanya, 2011 silam, memulai dengan kegiatan sederhana berupa mengajak para donatur mengadopsi boneka penyu, yang dilanjutkan dengan adopsi 105.000 telur penyu pada 2012 dan pembinaan fasilitas konservasi penyu sejak 2013.

Beasiswa Isuzu

Lain halnya dengan ADM yang melakukan CSR dalam bentuk konservasi penyu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menggelontorkan dana pendidikan kepada putra-putri supir truk Isuzu yang tergabung dalam klub Kumpulan Pecinta Truk Isuzu (KUNCI).

Beasiswa pendidikan bertajuk Pintar Bersama Isuzu itu diserahkan pada Sabtu kepada 16 putra-putri yang mewakili 100 anak supir truk penerimanya di Booth Isuzu IIMS.

Jumlah penerima dana pendidikan sebesar Rp1 juta tersebut kali ini bertambah dibandingkan tahun 2013 lalu, 75 anak saja.

Dana tersebut diperuntukkan kepada putra-putri anggota KUNCI yang sedang bersekolah di bangku kelas 3 Sekolah Dasar hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama dengan rata-rata nilai rapor dalam tiga semester terakhir lebih dari 7.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014