Sejak terkena degradasi dari pelatnas di Cipayung Jakarta, Hayom berusaha untuk bangkit kembali."
Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia asal Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka berhasil melangkah ke babak ketiga pada kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open 2014 setelah menyingkirkan pemain Taiwan Lu Chia Hung pada babak kedua.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Rabu, mengatakan, Hayom masih bisa untuk melangkah ke babak berikutnya karena sekarang yang bersangkutan menunjukkan permainan yang meningkat.

Pada babak kedua kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut, Hayom yang menempati unggulan pertama tanpa kesulitan menyalahkan pemain Taiwan dengan dua game langsung 21-15 dan 23-21. "Sejak terkena degradasi dari pelatnas di Cipayung Jakarta, Hayom berusaha untuk bangkit kembali," kata Yoppy.

Pada babak ketiga Hayom yang kini menempati peringkat 2 dunia akan bertemu rekannya Fikri Ihsandi Hadmadi yang sebelumnya mengalahkan pemain Malaysia Tan Kiang Meng dengan dua game langsung 23-21,21-15.

Sukses yang dicatat Hayom Rumbaka juga diikuti rekannya Andre Kurniawan Tedjono yang juga melangkah ke babak ketiga. Andre Kurniawan yang menempati unggulan kesembilan melangkah ke babak ketiga setelah menghentikan perlawanan pemain Malaysia lainnya Chiang Jiann Shiang dengan angka 21-19,18-21,21-19.

Pada babak ketiga, Andre Kurniawan Tedjono yang menempati peringkat 61 dunia tersebut akan menghadapi juniornya Riyanto Subagja yang sebelumnya mengalahkan pemain Jepang Kento Nishimoto dengan dua game langsung 21-13,21-12.

Kedua pemain asal Djarum Kudus (Hayom dan Andre Kurniawan) ini merupakan wakil Indonesia yang tersisa padanomor tunggal mengingat pemain lainnya gagal melangkah ke babak selanjutnya. Eka Fajar Kusuma dikalahkan unggulan ke-16 Iskandar Zulkarnaen Zainuddin dengan 11-21,9-21, Alamsyah Yunus dikalahkan unggulan keenam dari Hong Kong Ng Ka Long dengan rubber game 21-18,21=23,22-24.

Kemudian Sukamto Evert dikalahkan pemain Malaysia lainnya Nur Mohd Azriyn Ayub 16-21,19-21 sedangkan Thomi Azizan Mahbub dikalahkan unggulan ketiga dari Vietnam Nguyen Tienh Minh 19-21,16-21.

Sementara itu pada nomor ganda campuran, Indonesia menempatkan sembilan pasangan pada babak kedua. Pasangan Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni yang menempati unggulan kedua maju ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan Taiwan Wu Hsiao-Lin/Lin Tsun Yu dengan rubber game 21-16,17-21,21-7. Pada babak berikutnya akan bertemu pasangan tuan rumah yang lolos dari babak kualifikasi Duong Bao Duc/Thai Thi Hong Gam.

Kemudan pasangan Lukhi Apri Nugroho/Masita Mahmudin yang lolos dari kualifikasi juga melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan Taiwan lainnya Tien Tzu Chieh/Chiang Kai Hsin uga dengan rubber game 19-21,21-16,21-12. Pada babak kedua bertemu unggulan keenam dari Malaysia Wong Fai Yin/Chow Mei Kuan.

Unggulan keempat Alfian Eko Praseto/Annisa Saufika maju ke babak kedua setelah mengalahkan Su Cheng Heng/Ye Jing Ya (Taiwan) 21-15,17-21,21-12. Pada babak kedua akan betemu pasangan Thaiand Viriyangkura Tanupat/Pacharapon Chocuwong.

Pasangan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavian mengalahkan unggulan ketiga Anatoly Yartsev/Evgeniya Kosetskaya (Rusia) 21-17,21-16. Pada babak keda menghadapi pasangan tuan rumah Dao Manh Thang/Pham Nhu Thao.

Pasangan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati mengalahkan rekannya Yohanes Rendy Sugiarto/Ririn Amelia 21-18,21-19. Pada babak kedua bertemu rekannya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Maretha Dea Giovani yang sebelumnya mengalahkan unggula ketujuh dari Hong Kong Wong Wai Hong/Chan Hung Yung 21-17,17-21,21-11.

Pasangan Andrei Adistia/Dian Fitriani akan bertemu rekan senegaranya Yonathan Suryatama Dasuki/Aprilsasi Putri Lejarsar Variella di babak kedua kemudian unggulan pertama Muhammad Rijal/Vita Marissa bertemu pasangan Hong Kong Man Tang Chun/Chan Tsz Ka. (*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014