eran ustad sangat besar, baik di majelis-majelis taklim dan komunitas-komunitas lainnya"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli menilai tokoh agama Islam berperan sangat besar dalam melawan berkembangnya dukungan terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia.

"Peran ustad sangat besar, baik di majelis-majelis taklim dan komunitas-komunitas lainnya untuk melawan perkembangan ISIS di Indonesia," kata Melani usai acara halal bihalal komunitas haji dan umrah Al-Amin di Jakarta, Minggu.

Melani mengatakan, melawan pengaruh ISIS di Indonesia bukan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan juga tokoh agama.

Menurut Melani, sulit menumpas benih-benih terorisme di Indonesia jika hanya mengandalkan pemerintah karena masyarakat dan tokoh utama adalah ujung tombak dalam melawan terorisme di Indonesia.

"Kita harus mendukung setiap langkah pemerintah melawan berkembangnya benih-benih ISIS di Indonesia. Negeri kita yang beranekaragam suku, agama, ras dan kepercayaan harus kita lindungi," ujar Melani.

Ia mengatakan, salah satu peran yang bisa dilakukan oleh tokoh agama dalam membantu pemerintah melawan ISIS adalah dengan memberikan pemahaman kepada umatnya.

"Tokoh-tokoh agama itu harus memberikan pemahaman kepada umatnya bahwa kita harus memiliki pandangan sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme," ujar Melani.

Selain itu, kata Melani, tokoh-tokoh agama juga harus memberikan pemahaman kepada umatnya tentang empat pilar kebangsaan yang sejak lama dihormati dan dijunjung tinggi bangsa Indonesia.






Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014