Jakarta (ANTARA News) - Juru bicara Tim Kampanye Nasional pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Andre Rosiade, menilai peresmian Kantor Transisi pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebagai upaya pembentukan opini publik bahwa kontestasi Pilpres telah selesai.

"Hak Jokowi untuk membangun rumah transisi. Tapi ini opini yang dibangun tim Jokowi bahwa Pilpres sudah selesai, padahal baru ada penetapan KPU, perjalanan masih panjang," ujar Andre di Jakarta, Selasa.

Jokowi meresmikan Kantor Transisi pasangan Jokowi-JK di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, sebagai tempat untuk mempersiapkan jalannya pemerintahan hingga pelantikan Presiden dilakukan.

Andre mengatakan hal itu hanyalah upaya membentuk opini publik bahwa Jokowi sudah pasti menjadi presiden.

Dia mengemukakan, hasil gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) bisa saja membatalkan hal tersebut.

"Berdasarkan pernyataan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bisa saja di MK dikalahkan. Seluruh kemungkinan itu masih terbuka dan kami timkamnas meyakini Prabowo-Hatta akan memenangi Pilpres jika Pilpres jujur dan adil," ujar dia.

Lebih jauh dia mengatakan Rumah Transisi Jokowi-JK yang diketuai Rini Mariani Soemarno Soewandi jelas memberikan sinyal bahwa pasangan Jokowi-JK akan didominasi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, sebab Rini merupakan orang dekat Megawati.

"Rini Soewandi dekat dengan Megawati dan dia berperan penting di Rumah Transisi itu. Ini sinyal dominasi Megawati," kata dia.

Andre menegaskan bahwa pihaknya akan membuktikan adanya kecurangan yang terjadi selama proses Pilpres.

Pihalnya menyepakati pembuktian kecurangan itu akan ditempuh melalui proses hukum (melalui MK, DKPP, dan mempidanakan KPU di Mabes Polri) serta proses politik (melalui pembentukan Pansus Pilpres di DPR).

"Semua proses itu akan terus berjalan. Seluruh langkah akan kami ambil," tegas dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014