Bangkalan (ANTARA News) - Kendaraan roda dua memadati tol penyeberangan Jembatan Suramadu sisi Madura, sehingga petugas terpaksa menambah loket antrean guna mempercepat proses pembelian tiket.

"Jumlah kendaraan yang melintas di Suramadu per hari ini sekitar 60 ribu unit kendaraann baik roda dua maupun roda empat," kata Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu Suharyono, Senin malam.

Ia menjelaskan antrean kendaraan di Jembatan Suramadu sisi Madura sudah terjadi sejak sore dan hingga malam hari masih berlangsung.

Suharyono menjelaskan antrean kendaraan bermotor di gerbang tol Jembatan Suramadu sisi Madura hingga mencapai 700 meter pada sekitar pukul 16.00 WIB, namun pada pukul 19.20 WIB mulai berkurang.

"Saat ini antrean hanya sekitar 500 meteran saja. Kalau tadi sore sekitar 700 meter," katanya.

Tidak hanya kendaraan roda dua, antrean kendaraan juga terjadi pada jenis kendaraan roda empat, namun tidak terlalu banyak sebagaimana kendaraan roda dua.

Sebelumnya, Haryono memperkirakan lonjakan arus balik pemudik di jembatan sepanjang 5,4 kilometer ini terjadi pada hari Minggu (3/8), dengan pertimbangan karena pada hari Senin (4/8) merupakan hari pertema masuk kantor.

"Namun rupanya warga Madura memilih melakukan balik Lebaran setelah merayakan Lebaran Ketupat. Makanya sejak sore tadi kendaraan yang melintas di Suramadu ini sangat banyak," kata Suharyono menjelaskan. 

(KR-ZIZ/C003)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014