... tradisi Syawalan ini hanya sekedar merekatkan tali silaturahmi terhadap sesama... "
Pekalongan, Jawa Tengah (ANTARA News) - Sebanyak dua lopis raksasa dengan berat 1.123 ton dengan tinggi 212 sentimeter akan memeriahkan tradisi Syawalan yang akan digelar di Kelurahan Krapyak, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada Senin (4/8).

Panitia Syawalan dan Pemotongan Lopis Raksasa, Muhamad Nasrudin, di Pekalongan, Minggu, mengatakan, pembuatan lopis menghabiskan bahan baku beras ketan lima kuintal, 33 batang bambu, 300 ujung daun pisang, 15 ikat kayu bakar, dan melibatkan 35 orang.

"Lopis raksasa ini sudah dimulai dimasak sejak Kamis (30/7), dan rencananya dibagikan gratis pada pengunjung pada Senin," katanya.

Ia mengatakan pembuatan lopis raksasa pada tradisi Syawalan tahun ini lebih besar jika dibanding tahun sebelumnya seberat 3,5 kuintal beras ketan.

"Adapun tujuan perayaan tradisi Syawalan ini hanya sekedar merekatkan tali silaturahmi terhadap sesama. Tradisi Syawalan tidak ada keterkaitannya dengan sesuatu yang bersifat mistis," katanya.

Wakil Sekretaris Panitia Pembuatan Lopis Raksasa Krapyak Kidul, Iwan Kurniawan, mengatakan, pembuatan lopis raksasa ini telah menghabiskan anggaran sekitar Rp30 juta.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014