Harapan saya, seluruh rakyat Indonesia bisa melaksanakan pemilu (Pilpres, red.) secara damai dan sejahtera. Sebagai orang tua, saya ingatkan apapun pemberian Allah SWT harus diterima dengan syukur."
Semarang (ANTARA News) - Ibunda calon presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo mengingatkan putranya tersebut untuk siap menang dan kalah dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

"Apapun yang diberikan Allah SWT adalah yang terbaik," katanya di sela doa bersama puluhan anak yatim piatu untuk kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla yang digelar di kediamannya di Solo, Selasa malam.

Sujiatmi mengungkapkan sebagai ibunda selalu mendoakan yang terbaik bagi semua anaknya, termasuk Jokowi yang maju dalam Pilpres 2014 bersaing dengan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Sebagai ibunda pula, Sujiatmi harus optimistis atas kemenangan Jokowi-JK pada pelaksaan Pilpres 2014, tetapi semua keputusan ada di tangan rakyat, dan semuanya dikembalikan kepada Allah SWT.

"Saya sebagai ibu pasti selalu mendoakan anak-anak saya semuanya siang malam. Saya juga sudah siap dengan semuanya apa yang terbaik buat saya karena semuanya berasal dari Allah SWT," ungkapnya.

Apabila Jokowi memenangi pilpres, ia mengingatkan Jokowi harus siap apabila menang menjadi Presiden dengan memegang amanat rakyat dan menjalankan amanat Allah SWT dengan baik, tulus, dan ikhlas.

Imbauan serupa juga disampaikan Sujiatmi kepada seluruh pendukung Jokowi-JK yang ada di seluruh wilayah di Indonesia yang harus siap dengan kemenangan maupun kekalahan calon yang didukungnya dalam pilpres.

"Saya sudah sampaikan kepada pendukung Jokowi. Harus siap dengan segala-galanya yang terbaik yang diberikan Allah SWT kepada umatnya. Apapun (hasilnya, red.) diterima dengan baik," katanya.

Ia berharap pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli 2014 bisa berjalan dengan lancar dan tercipta suasana yang damai, dan seluruh pihak harus siap menghadapi kemenangan maupun kekalahan dalam pilpres.

"Harapan saya, seluruh rakyat Indonesia bisa melaksanakan pemilu (Pilpres, red.) secara damai dan sejahtera. Sebagai orang tua, saya ingatkan apapun pemberian Allah SWT harus diterima dengan syukur," katanya.

Kalau untuk wilayah Solo, Sujiatmi sangat optimistis Jokowi-JK bisa meraup suara terbanyak, setidaknya lebih dari 50 persen, mengingat Solo merupakan daerah dan tanah kelahiran Jokowi sendiri.

Rencananya, ibunda Jokowi akan berangkat dari kediamannya pada Rabu (9/7) sekitar pukul 08.00-09.00 WIB menuju ke TPS 22 Manahan Solo untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 9 April 2014.

Pada daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres 2014 di TPS 22 Manahan Solo, tercatat nama ibunda Jokowi, Sujiatmi dan ketiga anak Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Namun, sampai sejauh ini ketiga anak Jokowi belum nampak di kediaman Sujiatmi, sementara pihak keluarga menginformasikan putra-putri Jokowi pada malam (8/7) ini dalam perjalanan menuju ke Solo.

Pilpres 2014 diikuti dua pasangan capres-cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa diusung Gerindra dan sejumlah parpol koalisi dan Jokowi-JK diusung PDI Perjuangan dan sejumlah parpol koalisi. (*)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014