Jakarta (ANTARA News) - Angka penjualan mobil bekas di bursa mobil Wholesale Trade Center' (WTC) Mangga Dua, Jakarta, mencapai 2.600 unit pada Juni 2014.

"Angka penjualan pada bulan tersebut memang mengalami penurunan bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu yang mencapai 2.800 unit," kata Senior Marketing Manager PT Marga Sadhya Swasti WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, Selasa.

Dia mengatakan, menurunnya angka penjualan ini disebabkan pusat-pusat penjualan mobil baru seperti Avanza dan Xenia memberikan potongan harga kepada calon pembeli, walaupun strategi pemasaran seperti ini jarang dilakukan.

Sebab lainnya, kata dia, calon pembeli dihadapkan dengan pilihan memprioritaskan pendidikan anak memasuki tahun ajaran baru, ketimbang membeli mobil.

Secara keseluruhan, angka penjualan mobil bekas sejak Januari hingga Mei tahun ini rata-rata 1.900 unit setiap bulannya, atau menurun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang rata-rata mencapai 2.300 unit setiap bulannya, kata dia.

"Kondisi seperti ini sangat dipengaruhi oleh bencana banjir yang terjadi di Jakarta serta daerah-daerah potensial pasar mobil bekas. Mudah-mudahan pada bulan Juli ini kami bisa menyamai angka penjualan tahun lalu sebanyak 2.700 unit. Posisi penjualan pekan pertama telah mencapai 600 unit," ujarnya.

Dia menambahkan, penjualan mobil bekas tidak akan pernah sepi karena harga jual lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dibandingkan kendaraan baru, selain itu, hasrat seseorang untuk membeli mobil tetap tinggi.

"Ada kecenderungan setelah memiliki motor, di waktu tertentu beralih ke mobil. Atau setelah memiliki mobil  buatan Tiongkok kemudian beralih ke mobil Korea, Jepang, Amerika atau dan Eropa. Jadi keinginan pembeli tidak akan pernah berhenti," katanya.

Dia menjelaskan, pasar potensial penjualan mobil bekas adalah Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera yang terkenal dengan potensi tambang dan perkebunan sawit, di mana pada 2012-2013 angka penjualan berada di atas 500 unit setiap bulannya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014