Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia dari tim Honda, Dimas Ekky Pratama, akan mengambil bagian dalam ajang balap internasional Suzuka 8-Hour Endurance Road Race ke- 37 di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 26-27 Juli mendatang. 

Dalam sesi latihan akhir yang dilaksanakan pada 2-10 Juli, Dimas menembus perolehan waktu sekitar 2 menit 12 detik atau menduduki posisi 11 besar dari sekitar 200 peserta.  Melalui hasil ini, Dimas merupakan pembalap Indonesia pertama binaan PT. Astra Honda Motor (AHM) yang lolos seleksi bertanding dalam puncak ajang international balap ketahanan 8 jam.

"Perolehan waktu yang dicapai Dimas Ekky selama sesi latihan menunjukkan awal yang bagus untuk keikutsertaannya yang pertama kali di ajang ketahanan balap ini," ujar General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Minggu.

"Kami berharap sesi latihan yang sedang dijalani semakin memudahkannya beradaptasi dengan sirkuit maupun motor yang digunakan, sehingga pada kompetisi nanti dapat mencetak prestasi dan membanggakan Indonesia," tambahnya.   Nantinya, Dimas bersama pembalap dari Malaysia, Zambri Baba akan bergabung dalam Honda Team Asia. Mereka akan bertanding dengan mengendarai Honda CBR1000RR melalui dukungan teknis sepenuhnya dari Honda Racing Corporation (HRC).

Tim ini akan berkompetisi dengan 71 tim balap internasional, termasuk tim balap dari Honda lainnya yaitu Musashi RT Harc-Pro dan F.C.C TSR Honda. Musashi RT Harc-Pro diperkuat oleh pebalap Takumi Takahashi (Jepang), Leon Haslam (Inggris) dan Michael van Der Mark (Belanda).

Sementara itu, F.C.C TSR Honda diperkuat oleh pebalap Jonathan Rea (Inggris) dan Kousuke Akiyoshi (Jepang).  Suzuka 8-Hour Endurance Road Race merupakan salah satu ajang bergengsi balap ketahanan selama 8 jam di mana para pebalap saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik.

Selain menurunkan pembalap di ajang balap ketahanan 8 jam, AHM juga menurunkan dua pebalap Honda Indonesia di ajang Suzuka 4-Hour Endurance Road Race dan Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race. Pada ajang Suzuka 4-Hour Endurance Road Race, Indonesia akan diwakili Iswandi Muis dan Andi Farid Izdihar. 

Muis akan berupaya mempertahankan gelar juara pertama yang telah ia raih sebelumnya bersama, Dimas Ekky Pratama. Sementara itu, di ajang Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race, Andi Farid Izdihar dan Aditya Pangestu Hanafi, telah membuktikan daya saingnya dengan pebalap dari negara lain. Mereka berhasil mengibarkan Merah Putih saat menduduki podium ketiga Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race di sirkuit Suzuka, Jepang (8/6).

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014