Kita bisa menilai bagaimana seseorang yang belum punya pengalaman dalam pemerintahan akan memimpin negara ini."
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta pengusaha untuk tidak ragu mendukung calon presiden dan calon wakil presiden yang berpengalaman dalam pemerintahan.

"Keempat calon itu saya kenal baik. Pak Prabowo yang berlatar belakang hanya militer, saya pernah berpasangan sebagai wapres," katanya di hadapan sekitar 300 pengusaha di Surabaya, Jumat malam.

Tentang Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla, Megawati mengaku keduanya pernah menjadi menteri saat dirinya memerintah.

"Kalau Pak Jokowi, tentu saya kenal baik sebagai kader partai yang pernah menjadi wali kota dua periode dengan prestasi membanggakan hingga menjadi gubernur," katanya.

Dengan melihat pengalaman calon dalam pemerintahan, katanya, mestinya para pengusaha sudah tidak ragu lagi untuk menentukan pilihan.

"Kita bisa menilai bagaimana seseorang yang belum punya pengalaman dalam pemerintahan akan memimpin negara ini," katanya.

Oleh karena itu, orang nomer satu di PDIP itu meminta para pengusaha untuk membantu menguatkan kemenangan Jokowi-JK pada pemilu presiden 9 Juli depan.

"Tolong sampaikan pada masyarakat, terutama swing voters. Sampaikan sosoknya, track recordnya, agar masyarakat benar-benar paham visi misi dan profil Jokowi-JK," katanya.

Dalam kesempatan itu, Megawati menjamin perjuangan PDIP menegakkan pelaksanaan Pancasila dalam sendi kehidupan berbangsa dan menjaga keutuhan NKRI juga menjadi perjuangan Jokowi-JK.

Selain itu, Megawati juga menjamin iklim usaha telah menjadi visi misi pasangan Jokowi-JK untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di tengah krisis.

Dia mencontohkan gagasan tentang tol laut adalah salah satu komitmen Jokowi-JK untuk menyediakan kemudahan sarana transportasi antar pulau.

"Dengan tol laut ini distribusi barang lintas pulau akan lebih mudah, sehingga ekonomi pun akan lebih bergairah," jelasnya.

Dalam rangkaian lawatannya ke Surabaya, Megawati didampingi tim pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla, seperti Pramono Anung, Eriko Soetardoga, dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur H Sirmadji Tj.

Sebelumnya, Megawati mengunjungi kantor redaksi media massa di Surabaya dan bertemu sedikitnya 6.000 relawan Jokowi-JK, lalu bertemu 300-an pengusaha.

Koordinator relawan Jokowi Link yang menjadi tuan rumah pertemuan dengan pengusaha itu, Henky Kurniadi menyebutkan 300 pengusaha yang dikumpulkan itu merupakan jaringan lintas komunitas lintas agama, lintas kampus, dan asosiasi pengusaha pro-Jokowi-JK.

"Meski pun mendadak, ternyata respons cukup luar biasa. Ini menunjukkan bedanya kita, Jokowi-JK, dengan calon lain. Partisipasi kita cukup tinggi. Masyarakat sangat antusias untuk terlibat langsung dalam mengantarkan Jokowi-JK menjadi pemimpin negara kita ini," ujarnya.

Pilpres 2014 yang berlangsung pada 9 Juli akan diikuti dua pasangan calon yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.  (E011/M008)

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014