Jakarta (ANTARA News) - JNE memperkirakan kiriman paket saat Lebaran 2014 melonjak hingga 200 juta ton per hari dibandingkan 2013 yang hanya mencapai 176 juta ton per hari.

Managing Director JNE, Johari Zein dalam diskusi yang bertajuk "Boost Up Business Through Social Media" di Jakarta, Jumat, mengatakan lonjakan pengiriman mulai terasa pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

"Ramadhan dan Lebaran menjadi peak season (waktu puncak) bagi sejumlah jasa kiriman," katanya.

Johari menambahkan peningkatan jasa pengiriman akan lebih didominasi oleh pemilik usaha penjualan "online" serta pengiriman kebutuhan puasa dan Lebaran.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi JNE Edi Santoso mengatakan toko online (dalam jaringan) memberikan kontribusi 40 persen terhadap pendapatan retail.

"Maka, diprediksikan menjelang Lebaran akan meningkat menjadi 65 persen," katanya.

Karena itu, Edi mengatakan pihaknya melakukan persiapan, antara lain penambahan sumber daya manusia operasional mencapai 500 karyawan, meningkatkan kapasitas teknologi informasi dan dari sisi infrastruktur akan dilakukan penambahan armada sebanyak 80 unit mobil.

Selain itu, dia menuturkan pihaknya juga telah bekerja sama dengan seluruh maskapai penerbangan nasional, dengan mengalokasikan cargo space (ruang kargo) yang bertujuan untuk meminimalisasi keterlambatan pengiriman akibat penuhnya kapasitas kargo udara.

Untuk itu, lanjut dia, JNE akan tetap beroperasi selama 24 jam dan tetap buka selama Lebaran di beberapa titik kantor pusat, antara lain cash counter di Jalan Tomang 9, Tomang 45, Tomang 6 dan S Parman serta kantor cabang di ibu kota provinsi.

Dengan adanya persiapan tersebut, Edi menjamin tidak akan terjadi kendala terhadap proses pengiriman. Dia menjelaskan estimasi penyampaian kiriman akan disesuaikan dengan prioritas layanan.

Selain itu, Edi, mengatakan untuk jasa pengiriman motor dilakukan melalui darat dengan menggunakan truk.

Untuk pengiriman bingkisan lebaran, konsumen juga bisa menggunakan @Box dan untuk pengiriman kartu ucapan lebaran, bisa menggunakan amplop prabayar Pengiriman Lintas Kawasan (Pelikan) untuk pengiriman dalam kota dan diterima di hari yang sama.

"Kami juga menyediakan layanan pengiriman uang melalui Western Union dan kiriman makanan lewat pesanan oleh-oleh nusantara (Pesona)," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014