JCI Academy Indonesia diharapkan mampu manghasilkan pemimpin yang besar, cerdas tetapi memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masa depan bangsa,"
Jakarta (ANTARA News) - Junior Chamber Internasional (JCI) menggelar JCI Academy Indonesia untuk melatih dan menyiapkan calon pemimpin agar Indonesia memiliki pemimpin yang mampu menjadi motor penggerak perubahan, tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga sosial, politik serta budaya.

"JCI Academy Indonesia diharapkan mampu manghasilkan pemimpin yang besar, cerdas tetapi memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masa depan bangsa. Event ini juga diharapkan menjadi sarana untuk bisa menjalin ikatan yang kuat dan menjadi ruang berbagi sesama anggota dari seluruh cabang yang ada di Indonesia," kata President JCI Indonesia Heru Cokro dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu.

Untuk ke empat kalinya, JCI Academy Indonesia, dengan tema "Young Leader and Global Active Citizen Forum" digelar di Bogor sejak akhir pekan lalu.

Pada kesempatan itu, International Vice Presidet JCI, Sang-woo Bae, mengatakan bahwa JCI harus berperan aktif dan mengambil tanggung jawab dalam perubahan dunia. Apalagi Indonesia memiliki sumberdaya manusia yang baik dan mampu mencetak pemimpin-pemimin yang luar biasa.

Walikota Bogor Bima Arya, yang turut hadir dalam acara pembukaan JCI Academy Indonesia mengatakan, pemuda Indonesia harus menerapkan konsep "Nasionalisme Cosmopolitan".

Menurut Bima Arya, terjadi kegagalan paham selama ini, karena kubu kiri dan kanan saling bersinggungan.

"Nasionalisme Cosmopolitan ini menjadi the third way, jalan tengah dari keduanya. seperti Pemuda Bogor akan mehamai kondisi kota ini  dengan baik, bisa bahasa Sunda, mengerti betul akan Pancasila tetapi tetap luwes ketika berbicara pasar bebas di tingkat global," katanya.

JCI Academy merupakan  wadah bagi bara pengusaha muda untuk mengembangkan diri dalam hal kepemimpinan. Pelatihan ini tidak hanya berada di tingkat nasional tetapi juga internasional.

Pelatihan JCI Academy internasional akan diadakan di Jepang dan dihadiri oleh 90 negara yang menjadi anggota JCI. Sementara Pelatihan Kepemimpinan bagi anggota JCI yang diikti seluruh cabang yang ada di Indonesia yang diadaakn di Bogor saat ini. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014