Jakarta (ANTARA News) - Permintaan kendaraan serbaguna (MPV) kelas atas (high) yang didominasi tiga merek terkemuka yaitu Nissan Serena, Toyota NAV1, dan Mazda Biante, masih tumbuh, meskipun pasarnya relatif kecil.

"Tahun lalu penjualan MPV high masih dibawah 10 ribu unit," kata Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin, di sela-sela peluncuran New NAV1, di Jakarta, Jumat.

Jumlah tersebut kata dia, sekitar dua persen dibandingkan total pasar MPV (low, medium, high, dan luxury) yang mencapai sekitar 500 ribu unit.

Pada 2012 permintaan MPV kelas atas hanya sekitar 4.000-an atau satu persen dari pasar MPV secara nasional.

"Permintaan MPV kelas atas cenderung meningkat, karena mulai tambah pemain baru," ujar Suparno. Pemain baru tersebut termasuk NAV1 yang mulai dipasarkan di Indonesia pada Desember 2012.

Ia optimistis pasar MPV kelas atas dengan kapasitas mesin sekitar 2.000 cc itu akan tumbuh, meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan MPV kecil seperti Toyota Avanza yang penjualannya bisa mencapai di atas 15 ribu unit/bulan, dan MPV medium seperti Kijang Innova yang penjualannya mencapai di atas 5.000 unit/bulan.

Oleh karena itu, Suparno mengaku tidak menetapkan target penjualan spesifik untuk New NAV1.

"Keberadaan NAV1 lebih untuk melengkapi jajaran MPV Toyota di Indonesia, karena ada pelanggan kami yang menginginkan MPV yang elegan," katanya.

Ia juga mengakui pada Januari-Maret 2014, pangsa pasar Toyota di segmen MPV kelas atas tersebut turun menjadi 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 34 persen.     

"Kami berharap dengan New NAV1, pangsa pasar kami bisa meningkat," katanya

Ditambahkan Direktur Pemasaran TAM Rachmat Samulo, pada tahun lalu penjualan NAV1 mencapai sekitar 2.600 unit. Sedangkan total penjualan NAV1 sejak diluncurkan Desember 2012 sampai Maret 2014 telah mencapai 3.044 unit.

Untuk mendongkrak penjualan NAV1 itu TAM menggunakan desainer lokal, terutama untuk interior.

"Penggunaan designer lokal dilakukan karena kami ingin menyerap pasar lokal lebih banyak," kata Presdir TAM Hiroyuki Fukui.

Mobil MPV kelas atas Toyota tersebut dipasarkan dengan harga Rp386,65 juta/unit untuk tipe G Grade dan Rp406 juta/unit tipe V Limited Grade. Harga tersebut merupakan pembelian on the road Jakarta dan sekitarnya.  

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014