Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berkontribusi sebesar 70 persen pada total volume ekspor kendaraan roda empat Indonesia.

"Toyota berkomitmen untuk secara aktif memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, salah satunya melalui peningkatan ekspor," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data Gaikindo, total volume ekspor kendaraan Indonesia kuartal pertama 2014 adalah sebesar 44.645 unit. Toyota Indonesia telah mengekspor lebih dari 33.000 unit kendaraan roda empat berbagai tipe pada kuartal pertama tahun 2014.

"Itu artinya sekitar 70 persen dari total volume ekspor kendaraan roda empat Indonesia disumbangkan oleh Toyota Indonesia," ujar Warih.

Untuk dapat terus mengembangkan aktivitas ekspor, menurut dia, pihaknya melakukan berbagai upaya, yaitu menambahkan kapasitas produksi, menghadirkan produk kompetitif, pengiriman tepat waktu.

"Tiga hal tersebut yang menjadi kunci utama bagi kami untuk meningkatkan kinerja ekspor," kata dia.

Menurut dia, porsi terbesar ekspor Toyota disumbangkan oleh Fortuner yang berhasil diekspor sebanyak 11.996 unit. Selain itu, Kijang Innova menyumbangkan angka sebanyak 3.843 unit, sedangkan Sedan Vios mencatatkan volume ekspor sebesar 2.681 unit.

"Model lainnya yang juga diekspor yaitu Avanza, Yaris, Rush, dan Town Ace dengan total ekspor sebanyak 14.627 unit untuk keempat model tersebut," kata Warih.

Toyota memulai aktivitas ekspor perdananya pada 1987. Saat ini lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, dan Kepulauan Karibia menjadi daerah tujuan ekspor Toyota.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014