Surabaya (ANTARA News) - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengakhiri laga putaran pertama kompetisi Indonesia Super League 2014 dengan mengalahkan tuan rumah PSM Makassar 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat petang.

Dua gol kemenangan "Bajul Ijo" masing-masing dicetak Fandi Eko Utomo pada menit ke-17 dan Emmanuel "Pacho" Kenmogne di menit ke-48.

Dengan tambahan tiga angka, Persebaya mengakhiri 10 laga putaran pertama di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 17, hasil dari enam kemenangan, dua kali seri dan dua kali kalah. Nilai itu sudah termasuk pengurangan tiga angka dari sanksi Komisi Disiplin.

Posisi Persebaya masih bisa digusur dua tim di bawahnya, yakni Mitra Kukar yang memiliki nilai sama 17 dengan menyisakan satu pertandingan, serta Persipura yang mengoleksi nilai 14 dengan dua laga tersisa.

Sementara PSM Makassar yang baru mengemas dua kemenangan, tiga hasil imbang dan lima kekalahan masih tertahan di peringkat ke-8.

Pada pertandingan di Stadion GBT Surabaya tersebut, PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah lebih banyak mendapatkan tekanan dari Persebaya yang mengandalkan duet Greg Nwokolo dan Emmanuel Pacho Kenmogne.

Fandi Eko Utomo membawa Persebaya memimpin setelah menyelesaikan umpan lambung Hasyim Kipuw di depan gawang PSM dengan sebuah tendangan keras.

Tiga menit setelah peluit babak kedua berbunyi, Pacho menggandakan keunggulan "Bajul Ijo" lewat tendangan kaki kirinya yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang I Ngurah Komang Arya.

Usaha PSM untuk mengejar ketinggalan melalui Andi Oddang, Robertino Pugliara dan Syamsul Chaerudin gagal menemui sasaran. Sundulan Andi Oddang justru masih membentur mistar gawang Jandri Pitoy.

Susunan pemain:

- PSM Makassar: I Ngurah Komang Arya (pg), Hendra Wijaya, Rasul, Baiman, Djayusman Triasdi, Ponaryo Astaman, Syamsul Chaerudin, Robertino Pugliara/Ardan Aras, Kurniawan Karman/Rasyid Bakri, Andi Oddang/Abanda Rahman, M Rahmat.

- Persebaya Surabaya: Jandri Pitoy (pg), Hasyim Kipuw, OK John, Ricardo Salampessy, Novri Setiawan, Manahati Lestusen/Zaenal Haq, Dedi Kusnandar, M Ilham/Abdul Rahman Lestaluhu, Fandi Eko Utomo/Vava Mario Yagalo, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne.

(D010/C004)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014