Jakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merek (APM) dari merek otomotif asal Jerman BMW, BMW Indonesia sudah memroduksi unit kendaraan 50 ribu unit sejak tahun 1976. Mobil ke-50 ribu tersebut yakni jenis BMW 528i terbaru.

Produksi perakitan mobil premium ini bekerjasama dengan PT. Astra International melalui anak perusahaannya yakni PT. Gaya Motor dan PT. Tjahja Sakti Motor sejak tahun 1993.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan bagi kami hingga bisa mencapai produksi 50 ribu unit," kata Managing Director BMW Group Asia, Sergio Solero di Sunter, Jakarta, Rabu.

Dia melanjutkan bahwa pada tahun 2011, pihak BMW Group menanamkan investasi sebesar lebih dari Rp 100 miliar untuk memperluas kegiatan produksi. Hal tersebut juga membuktikan bahwa Indonesia masih memiliki potensi pasar yang besar.

"Melalui investasi ini juga, kami mendukung perkembangan industri otomotif lokal Indonesia," katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, menyebutkan bahwa prestasi ini merupakan suatu kebanggaan, terlebih PT. Astra International ikut menjadi bagian sebagai rekan.

"Ini luar biasa, karena diproduksi di PT. Gaya Motor yang merupakan anak perusahaan PT. Astra International," katanya dikesempatan yang sama.

Sebelumnya, beberapa varian atau model yang dirakit secara lokal yakni BMW X1 sDrive 18i, BMW seri 5 yakni 520i, 528i dan 520d, BMW seri 3 yakni 320i, 328i dan 320d, dan BMW X3 yakni X3 xDrive 20i dan X3 xDrive 20d. (Dny)
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014