Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif  asal Inggris, MG, merayakan ulang tahun yang ke-90 dengan mobil konsep bertenaga baterai, Dynamo.

Mobil listrik Dynamo menggunakan platform Roewe R50. Dynamo diperlihatkan pertama kali pada suatu acara untuk kalangan terbatas di London.

Seperti E50, Dynamo menggunakan bentuk hatchback sub-kompak empat penumpang yang memiliki ukuran seperti Volkswagen Up!.

Mobil ini menggunakan desain futuristik yang dengan sengaja memutus ciri dari mobil MG sebelumnya maupun yang sekarang masih beredar.

Dynamo dengan berat 1.240 kilogram tersebut menggunakan motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga 70 tenaga kuda disambungkan dengan baterai lithium iron phospate.

Mobil ini mampu berakselerasi 14 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam dan memiliki kecepatan maksimal sekitar 120km/jam, jadi dirancang untuk penggunakaan kecepatan rendah seperti di daerah pemukiman kota.

Paket baterai mobil Dynamo ini mampu menyediakan tenaga untuk perjalanan sekitar 75 km.

Pengisian baterai hingga penuh memakan waktu enam jam dalam mode pengisian plug-in, dan 30 menit untuk pengisian cepat dengan kapasitas 10-80 persen dari kapasitas baterai.

Seperti dikutip laman Leftlanenews, MG menyebutkan bahwa Dynamo akan secepatnya masuk dalam jajaran mobil MG yang diproduksi massal jika permintaan dari Eropa sudah memenuhi kuota.

Produsen belum menyebutkan rencana ke depan soal projek mobil ini.

MG akan melanjutkan perayaan 90 tahunnya pada musim panas dengan memamerkan beberapa model antik serta model terkini  pada Goodwood Festival of Speed. 
Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2014