MoU ini merupakan hal yang bagus karena ini adalah komitmen yang dituangkan dalam satu perjanjian untuk menurunkan emisi gas dari transportasi darat di perkotaan,"
Jakarta (ANTARA News) - Jerman mendukung program penurunan gas emisi kendaraan bermotor melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perhubungan dengan Lembaga Internasional Jerman (GIZ) mengenai efisiensi energi sektor transportasi darat.

"MoU ini merupakan hal yang bagus karena ini adalah komitmen yang dituangkan dalam satu perjanjian untuk menurunkan emisi gas dari transportasi darat di perkotaan," kata Sekretaris Jenderal Kemenhub Leon Muhammad dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Jumat.

Leon mengemukakan bahwa MoU itu menjadi pijakan bagi Indonesia dan Jerman dalam bekerja sama untuk menurunkan gas emisi dari kendaraan bermotor.

Proyek efisiensi energi dan mitigasi perubahan iklim pada sektor transportasi darat di regional ASEAN merupakan permintaan Sekretariat ASEAN kepada Kementerian Federal Jerman untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan.

Proyek itu, lanjutnya, merupakan bagian dari kerjasama teknis ASEAN-Jerman untuk program Kota Lingkungan Transportasi guna meningkatkan efisiensi energi dan reduksi gas rumah kaca dapat dikembangkan, diterapkan dan dimonitor.

Pencapaian tujuan dari pelaksanaan proyek tersebut akan diukur oleh indikator kinerja antara lain dikembangkan atau diadopsinya suatu strategi atau rencana aksi untuk meningkatkan efisiensi energi (misalnya untuk logistik) oleh Kemenhub sebagai masukan untuk perbaikan Rencana Aksi Nasional Perubahan Iklim (RAN-GRK).

Selain itu, indikator lainnya adalah pengembangan kebijakan atau peraturan untuk meningkatkan efisiensi energi pada sektor transportasi darat dan siap untuk diterbitkan dalam konteks mitigasi perubahan iklim.

Sebagaimana diberitakan, Indonesia bakal meneladani Korea Selatan dalam pengembangan teknologi informasi (TI) di sektor transportasi karena permasalahan lalu lintas yang dialami Negara Ginseng tersebut dinilai selaras dengan yang dihadapi Indonesia.

"Tahun 1980-an Korsel menghadapi kondisi masalah lalu lintas seperti kota-kota di Indonesia saat ini," kata Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan.

Menurut E.E. Mangindaan, ada beberapa contoh negara yang berhasil menerapkan IT di sektor transportasi seperti Jerman, tetapi pihaknya memilih untuk lebih mencontoh Korsel.

Mangindaan memaparkan, Korsel merupakan salah satu negara yang berhasil melakukan integrasi antar moda dan mengembangkan TI di sektor transportasi adalah Korsel.

"Pemerintah Korsel berhasil membangun model perkotaan (smart city) yang berbasis ITS melalui kerjasama melalui lintas sektor meliputi pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga riset dan swasta," kata Menhub.(*)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014