... honor yang mereka terima sebenarnya sangat timpang dibanding gaji guru PNS... "
Pamekasan, Jawa Timur (ANTARA News) - "Sebagian guru pondok pesantren di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, hanya digaji Rp80.000 per bulan," kata Ketua Forum Komunikasi Guru Madrasah Swasta Pamekasan, Zainollah.

"Jadi honor yang mereka terima sebenarnya sangat timpang dibanding gaji guru PNS, dan kebanyakan hanya cukup untuk pengganti uang bensin," ungkap Zainollah, Jumat.

Ia menuturkan, honor guru sebesar Rp80 ribu itu di lembaga sendiri, yakni di lembaga pendidikan Islam Miftahul Ulum, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan.

Zainol yang juga Kepala MA Miftahul Ulum ini menuturkan, memang tidak semua guru di lembaganya itu diberi honor Rp80.000 per bulan. Ada juga yang menerima honor hingga Rp240.000 per bulan.

Sebab, menurutnya, sistem honor itu bergantung kepada jumlah kedatangan guru ke lembaga pendidikan itu dalam mengajar. Untuk sekali datang, lembaga ini memberika honor sebesar Rp20.000. Sehingga dalam sebulan guru tersebut mendapatkan honor Rp80 ribu.

Ada juga guru yang mengajar lebih dari satu kali dalam seminggu, sehingga honor yang diterima huru itu juga lebih dari Rp80.000.

"Paling banyak kalau di lembaga saya itu, tiga kali dalam seminggu, sehingga yang bersangkutan bisa menerima honor setiap bulannya hingga Rp240.000," tuturnya.

Ia menjelaskan, di Miftahul Ulum Pamekasan ini, jumlah guru yang mengajar sebanyak 19 orang, termasuk tenaga administrasi.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014