Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat akan mengakhiri rangkaian kegiatan konvensi pemilihan calon presiden (capres) usai acara debat peserta konvensi putaran terakhir di Jakarta, Minggu.

"Kegiatan Konvensi Capres Partai Demokrat yang sudah dimulai sejak 5 September 2013 akan berakhir pada hari Minggu besok," kata Juru Bicara Partai Demokrat Andi Nurpati di Jakarta, Jumat.

Setelah penutupan penyelenggaraan konvensi, kata dia, Komite Konvensi akan melakukan beberapa pertemuan sebelum mengumumkan pemenang konvensi sekitar awal Mei.

"Komite Konvensi juga telah meminta tiga lembaga survei untuk melakukan survei terhadap 11 peserta konvensi," katanya.

Peserta konvensi itu meliputi Ali Masykur Musa, Anis R Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, dan Sinyo Harry Sarundajang.


Opsi Demokrat

Andi, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, menjelaskan pula bahwa Partai Demokrat sudah melakukan komunikasi dengan semua kekuatan politik dan menyiapkan dua opsi pada Pemilu Presiden 9 Juli mendatang.

Opsi pertama, kata dia, Partai Demokrat akan bergabung dengan satu dari tiga partai politik pengusung kandidat calon presiden yakni PDI Perjuangan yang mengusung Joko Widodo (Jokowi), Partai Golkar yang mengusung Aburizal Bakrie, dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto.

"Pada opsi pertama ini Partai Demokrat akan melihat dulu siapa capres dan cawapres yang akan diusung," katanya.

Opsi kedua, kata dia, Partai Demokrat akan membangun poros koalisi baru bersama beberapa partai menengah.

"Jika opsi kedua ini terbentuk maka kemungkinan Partai Demokrat akan mengusung capresnya dari peserta konvensi dan akan mempertimbangkan siapa cawapresnya," katanya.


Pewarta: Riza Harahap
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014