Jakarta (ANTARA News) - Yamaha YZF-R15 hadir di Indonesia dengan tagline “Keep Cool and Ride R15”.

”Pecinta Yamaha menunggunya sejak 2008 (tahun perdana munculnya R15 version 1.0). Namun Yamaha baru mewujudkan impian mereka tahun ini karena menunggu R15 version 2.0 diproduksi total di Indonesia," kata papar Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia.

Seperti dikutip dari siaran pers Yamaha Indonesia, sudah  1.500 unit R15 dipasarkan lewat inden online dan langsung ludes dibeli konsumen dalam sehari.

R15 spesial karena merupakan yang termuda dari R-Series family. Sebagai bagian dari keluarga tersebut bersama R15, R25, R6, R1 pun memiliki R-DNA yang meliputi lima hal penting yakni mass forward (distribusi bobot ke depan), sharp & hight tail (bodi belakang runcing & tinggi), dual furious headlight (lampu depan ganda), aerodynamic body (desain bodi aerodinamis), muscular look (tampil kokoh).

Target utama konsumennya pria usia 17-25 tahun dengan tingkat ekonomi kelas menengah yang memiliki minat menggunakan motor sport bergaya untuk keseharian dan berdomisili di perkotaan. Tersedia tiga warna R15 yaitu Racing Blue (biru), Supernova Red (merah), Midnight Black (hitam).

Harganya Rp 28 juta on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya.

Lampu depan ganda R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan.

Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.

R15 pun istimewa dengan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia, yang membuat tampilan semakin sporty. Dilengkapi pula dengan tempat penyimpanan tools di bawah jok.

R15 pun memiliki fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga.

Keunggulan R15 lainnya adalah handling terbaik di kelasnya. Terdiri dari rangka delta box, velg & ban, sumbu roda, posisi berkendara, alumunium rear arm, suspensi monocross, double disc brake, stang racing.

Delta box R15 juga digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.

Ban ekstra lebar dengan ban belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci membuatnya mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil.

Rear arm R15 berbahan alumunium, merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia.

Ini seperti yang digunakan di MotoGP.

Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15.

Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.

Mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.

Keunggulan performa terbaik R15 menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.

Daya maksimum  16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm, torsi maksimum 14,5 Nm / 7.500 rpm. Berat kosong 136 kg dengan kapasitas tangki 12 Liter.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014