Pilih (calon pemimpin) yang punya ilmu untuk memimpin negara ini mau jadi apa. Pilih yang benar-benar pintar
Jakarta (ANTARA News) - Bintang film sekaligus model Inneke Koesherawati mengajak masyarakat untuk memilih calon anggota legislatif maupun presiden yang pintar, yang tidak sekadar menjadi "boneka".

"Saya pilih yang seiman, tegas, amanah, fathanah, amanat pada rakyat dan benar-benar cinta pada rakyat bukan pada kelompoknya. Jangan (jadi) boneka yang hanya dipermainkan rakyatnya," kata Inneke usai mencoblos di TPS 27 Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Inneke menyayangkan saat ini masih ada caleg dan pemimpin yang hanya mementingkan kepentingannya sendiri daripada kepentingan rakyat.

"Dulu waktu zaman Rasulullah kalau ditunjuk bilangnya 'naudzubillah' tapi sekarang malah bilang 'alhamdulillah' dan sujud syukur. Jadi pemimpin kan tugas berat," katanya.

Inneke pun mengimbau masyarakat untuk tidak memilih caleg atau presiden hanya berdasarkan popularitasnya.

"Jangan pilih dari popularitasnya saja. Jangan cuma gara-gara dia artis lalu dipilih. Tapi pilih yang punya ilmu untuk memimpin negara ini mau jadi apa. Pilih yang benar-benar pintar," katanya.

Inneke sendiri mengaku telah melakukan riset jauh-jauh hari terhadap wakil rakyat yang akan dipilihnya.

"Meski agak bingung karena tidak hafal nama-namanya, tapi sebisa mungkin aku sudah tahu visi dan misi caleg-caleg atau setidaknya isu-isu apa yang diusung partainya lewat televisi," katanya.

Meski demikian, ujar Inneke yang datang mencoblos ditemani anak-anaknya, ia merasakan adanya penurunan tingkat pemilih pada Pemilu Legislatif 2014.

"Saya pikir masyarakat banyak yang kecewa dengan para wakil rakyat. Bagaimana tidak kecewa? Sekarang di TV tayangan berita kebanyakan menyiarkan anggota dewan yang korupsi. Ini juga sebenarnya saya malas nyoblos tapi demi negara ya saya nyoblos juga," katanya.

Inneke mencoblos di TPS yang sama dengan beberapa tokoh politisi termasuk calon presiden PDIP Joko Widodo, peserta konvensi Partai Demokrat Hayono Isman, Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno.

TPS 27 bernuansa Merah-Putih dengan dua tenda yang dihias dengan atap berpita merah-putih. Satu tenda untuk pencoblosan dan satu tenda untuk istirahat para petugas dari tiga TPS yang ada di Taman Surapati (TPS 25, TPS 26 dan TPS 27).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap di TPS 27 berjumlah 430 orang terdiri dari 208 laki-laki dan 222 perempuan.

Bagi 200 pemilih pertama yang datang, panitia menyediakan sarapan bubur ayam dan minuman ringan.

"Kali ini tumben ada bubur dan makanan-makanan, sebelum-sebelumnya rasanya tidak seperti ini. Mungkin karena ada Pak Jokowi kali ya?" Kata Inneke yang tinggal tak jauh dari Rumah Dinas Gubernur DKI.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014