Jika melihat dari total pembaca yang mengikuti kuis sekitar 1.400 kupon yang masuk ke redaksi, maka tiga kursi yang tersisa akan diperebutkan oleh PDIP, Golkar dan Demokrat,"
Jakarta (ANTARA News) - Para calon legislatif  (caleg) anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Jakarta III dinilai berbagai kelangan merupakan persaingan yang ketat, karena di dapil itu terdapat nama-nama caleg Tantowi Yahya (Golkar), Effendi Simbolon (PDI-P), Vera Febyanthy (Demokrat),  Didi Supriyanto (PAN) dan Aryo Djojohadikusuma (Gerindra).

Tim Kuis Harian Nonstop Iwan Siregar kepada wartawan, Kamis, mengatakan, kuis harian itu yang diikuti sekitar 1.400 peserta memilih caleg Dapil DKI Jakarta III yang mulai mengerucut kepada sejumlah nama caleg yang diprediksi kuat meraih jatah delapan kursi DPR RI di Dapil Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu itu.

Menurut Iwan, para caleg yang berhasil menjadi pilihan pembaca surat kabar terbitan ibukota Jakarta itu adalah adalah Caleg No Urut 1 dari Partai Golkar Tantowi Yahya dan Caleg No Urut 1 PDI Perjuangan Effendi MS Simbolon.

Untuk tingkat popularitas dengan pertanyaan Siapakah Caleg yang Anda Kenal?, Tantowi Yahya yang merupakan artis dan juga anggota Komisi I DPR mengungguli jauh caleg lainnya sebesar 35 persen, disusul Effendi MS Simbolon sebanyak 22 persen, Vera Febyanthy 17 persen (Caleg Partai Demokrat No Urut 2), Didi Supriyanto 13 persen (Caleg PAN No Urut 1), Aryo Djojohadikusuma 8 persen (Caleg Partai Gerindra No Urut 1) dan caleg lainnya sebesar 5 persen.

Sedangkan untuk tingkat elektabilitas dengan pertanyaan Siapakah Caleg yang Akan Anda Pilih?, Effendi MS Simbolon berada di puncak  dengan raihan 30 persen, disusul Tantowi Yahya (28 persen), Vera Febyanthy (19 persen), Didi Supriyanto (11 persen), Aryo Djojohadikusuma (9 persen) dan caleg lainnya 3 persen.

Sementara pada tingkat kapabilitas dengan pertanyaan Siapa Caleg Yang Dianggap Layak Duduk di Senayan? Tantowi dan Effendi memiliki poin yang berimbang. Tantowi dan Effendi sama-sama meraih angka 27 persen. Disusul Didi Supriyanto (16 persen), Vera Febyanthy (14 persen) dan Aryo Djojohadikusma (10 persen). Sisanya memilih caleg lain sebesar 6 persen.

"Jika melihat dari total pembaca yang mengikuti kuis sekitar 1.400 kupon yang masuk ke redaksi, maka tiga kursi yang tersisa akan diperebutkan oleh PDIP, Golkar dan Demokrat," katanya.

Menurut Iwan, pihaknya memilih Dapil DKI III karena pertarungan di Dapil tersebut sangat sengit dibanding Dapil DKI Jakarta I dan II.

Ketika diminta menyikapi persaingan Dapil DKI III, Koordinator Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) Uchok Skyadafi mengatakan, Tantowi dan Effendi memang tengah berada di atas angin dalam Dapil DKI Jakarta III.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014