Ratusan atribut kampanye yang hilang tak berbekas
Sidoarjo (ANTARA News) - Calon anggota DPR RI Dapil Jatim 1 Sidoarjo-Surabaya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Arzetty Bilbina Setyawan mengeluhkan banyaknya perusakan atribut kampanye yang dipasang di sejumlah lokasi di Sidoarjo.

"Setelah kami pantau terus di lapangan, ternyata kami mencatat ratusan atribut banyak yang hilang dan rusak, ini sudah vandalisme politik," katanya di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan kerusakan itu diketahui setelah mendapatkan laporan dari timnya yang berada di lapangan.

"Saya belum berencana untuk menindaklanjuti temuan ini, saya mengajak para caleg lain untuk berkompetisi secara sehat," katanya caleg yang dikenal sebagai model itu.

Ia juga mengajak kepada para pesaingnya untuk mengedepankan kesantunan dalam berpolitik yang ada saat ini.

"Ratusan atribut kampanye yang hilang tak berbekas dan rusak berupa sobekan meliputi 95 spanduk, tujuh baliho dan 125 banner," katanya.

Awalnya, timnya tak mencurigai adanya perusakan maupun pengambilan alat peraga yang dipasang.

"Namun, setelah ditelusuri dan dilakukan investigasi lebih mendalam ternyata kerusakan dan hilangnya atribut kampanye tersebut kok banyak," katanya.

Pemantauan pelanggaran

Sebelumnya, Panwaslu Kabupaten Sidoarjo juga sudah melakukan pemantauan terhadap pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh partai peserta pemilihan umum.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo Burhanudin mengatakan saat ini sudah ada dua pelanggaran yang dilakukan oleh peserta kampanye.

"Salah satunya adalah dugaan politik uang yang dilakukan oleh salah satu partai peserta pemilu yang melakukan kampanye terbuka pada akhir pekan lalu," katanya.


Pewarta: Zumrontun Solicha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014