terutama dalam pemasangan iklan maupun pemberitaan di media cetak, elektronik, dan media online-nya masing-masing.
Palangka Raya (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum meminta calon anggota legislatif (caleg) yang kebetulan pemilik media massa untuk bersikap netral dan menaati peraturan yang berlaku selama pelaksanaan Pemilu 9 April 2014.

"Media massa diharapkan bisa berimbang dan menghargai kode etik yang diatur dalam undang-undang, terutama dalam pemasangan iklan maupun pemberitaan di media cetak, elektronik, dan media online-nya masing-masing," kata anggota Divisi Data dan Informasi KPU Palangka Raya, Wawan Wiraatmaja, di Palangka Raya, Minggu.

Pihak KPU berharap, tambah Wawan, caleg pemilik media massa yang ikut Pemilu Legislatif bisa bersikap netral dan menaati aturan tanpa ada menyinggung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sehingga Pemilu Legislatif di Palangka Raya berjalan aman.

Ia juga mengatakan kampanye melalui media massa itu bisa dalam tiga bentuk yakni pemberitaan, penyiaran maupun iklan kampanye.

Namun untuk kewenangan mengawasi media ada di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Dewan Pers. KPU dan Panwaslu Palangka Raya tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur media massa.

Terkait dengan pemberitaan maupun iklan kampanye, Wawan Wiraatmaja menekankan harus sesuai prinsip penyiaran yang adil dan berimbang, tidak berpihak kepada salah satu caleg yang memasang baik iklan maupun pemberitaan di media masing-masing.

"Pimpinan media diharapkan juga bisa menjadi penyortir dan kontrol sosial sebelum menyiarkan iklan kampanye, khususnya para peserta pemilu legislatif," katanya.

Untuk penyiaran melalui radio itu hanya 10 spot setiap hari dan satu spot hanya diperbolehkan 60 detik. Sedangkan TV juga diatur yakni 10 spot setiap hari dan satu spot itu hanya boleh 30 detik.

Saat ini sedikitnya ada 32 wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi calon anggota DPR RI, DPR provinsi, dan DPR kabupaten/kota dalam Pemilu Legislatif 2014.

(KR-RON/E005)

Pewarta: Ronny NT
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014