Jakarta (ANTARA News) - CEO Lion Grup yang juga Wakil ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Rusdi Kirana menduduki urutan ke-5 dalam survei tentang "Tokoh Muda Paling Bersinar dan Tokoh Regenerasi Politik 2014".

Direktur Eksekutif Institute for Tranformation Studies (Intrans) Andi Saiful Haq menyampaikan itu saat mempresentasikan hasil riset Intrans "Tokoh Muda Paling Bersinar dan Tokoh Regenerasi Politik 2014" yang dirilis di Jakarta Pusat, Jumat. Juga hadir sebagai pembicara peneliti The Indonesia Institute Indra J. Pilliang dan dosen Universitas Paramadina Al A'raf.

Menurut Saiful Haq, Rusdi Kirana memang baru di dunia politik. Namanya muncul ketika diundang sebagai peserta Konvensi Partai Demokrat. Namun yang bersangkutan menolak.

"Tapi tiba-tiba dia muncul dan didaulat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PKB. Itu merupakan hal yang cukup mengejutkan," ujarnya.

Sebanyak 10 besar tokoh muda paling bersinar 2014 adalah Joko Widodo, Hary Tanoe, Gita Wirjawan, Basuki T Purnama, Rusdi Kirana, Muhaimin Iskandar, Tri Rismaharini, Muhammad Lutfi, Dino Patti Djalal, dan Ganjar Pranowo.

Saiful Haq mengatakan, surveinya menggunakan metode kualitatif melalui 15 kali focus group discussion (FGD) yang dilaksanakan dalam kurun waktu Desember 2013--Maret 2014 dengan menekankan pada aspek persepsi, afeksi, dan preferensi.

"Setiap FGD diikuti 15--20 orang dengan latar belakang berbeda," katanya.

FGD itu dipandu satu orang fasilitator untuk mengembangkan diskusi yang lebih dalam mengenai topik yang sedang diteliti.  "Untuk informasi bersifat khusus, diadakan wawancara mendalam dengan sumber yang dianggap kabapel untuk memberikan masukan dan informasi mengenai topik yang sedang diteliti," katanya.

Selain itu pula, nama Rusdi Kirana masuk sebagai tokoh muda yang paling berpengaruh terhadap elektabilitas partai. Di antara 10 besar nama tersebut, Rusdi Kirana berada di urutan ketiga. "Sebelum bergabung Rusdi Kirana, PKB dianggap sebagai partai kaum nahdliyyin. Namun, Rusdi Kirana mampu mengubah citra itu," katanya.

10 tokoh muda yang paling berpengaruh terhadap elektabilitas partai itu adalah Hary Tanoe, Jokowi, Rusdi Kirana, Gita Wirjawan, Basuki T. Purnama, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Budiman Sudjatmiko, dan Puan Maharani.

Nama-nama tokoh muda ini di antaranya diambil berdasarkan studi riset kuantitatif yang telah dipublikasikan berbagai lembaga survei. "Politisi muda versi Intrans, adalah mereka yang ketika Pemilu tanggal 9 April 2014, masih berusia tidak lebih dari 54 tahun," kata Saiful Haq.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014