Guru di Tanah Air sebenarnya sudah sangat cukup, namun penempatannya yang belum merata ke seluruh kawasan,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Pimpinan rombongan Komisi X DPR RI Utut Adianto menyatakan butuh kebijakan khusus yakni pemberian insentif lebih besar dari pemerintah pusat atau daerah dalam melakukan pemerataan guru di seluruh Tanah Air.

"Guru di Tanah Air sebenarnya sudah sangat cukup, namun penempatannya yang belum merata ke seluruh kawasan," katanya disela-sela pertemuan Komisi X DPR RI dengan Pemerintah Aceh di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh, Selasa.

Menurut dia, salah satu upaya yang perlu ditempuh untuk pemerataan guru yakni dengan memberikan insentif lebih besar terhadap tenaga pendidik yang ditempatkan di sekolah-sekolah kawasan pedalaman.

"Artinya, gaji yang diterima guru di daerah pedalaman selama ini sama dengan guru yang mengajar di daerah perkotaan dan ini harus menjadi perhatian pemerintah," katanya.

Ia mengatakan bagaimana seseorang guru mau ditempatkan di suatu daerah terpencil, jika gaji yang diberikan tersebut sama dengan tenaga pendidik yang mengajar di daerah perkotaan.

Ia menjelaskan dalam mewujudkan pemberian insentif tersebut juga perlu didukung dengan nomenklatur anggaran sehingga alokasi dana yang diberikan tersebut memiliki payung hukum dan tidak melanggar undang undang.

"Kami yakin dengan insentif yang lebih besar diberikan untuk setiap guru di daerah terpencil khususnya akan menjadikan lokomotif pembangunan sektor pendidikan di masa mendatang," katanya dalam pertemuan yang dipimpin Sekretaris Daerah Aceh Dermawan.

Ia juga berharap agar seluruh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat menempatkan secara merata seluruh tenaga pendidikan di setiap lembaga pendidikan dalam upaya pemerataan mutu.

"Kami juga akan memperjuangkan berbagai masukan yang disampaikan dari berbagai instansi Pemerintah Aceh untuk diperjuangkan di tingkat nasional," demikian Utut Adianto.(*)

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014