Jakarta (ANTARA News) - Paris Saint-Germain mencatat langkah besar menuju titel juara Ligue 1 setelah menang meyakinkan 2-0 dari Marseille dalam laga Le Classique (el clasico-nya Liga Prancis).

Setelah berakhir 0-0 di babak pertama, pada lima menit babak kedua Maxwell membawa PSG sang juara bertahan liga memimpin 1-0 lewat gol ketiganya musim ini, sebelum Edinson Cavani yang diturunkan sebagai pemain pengganti menggandakannya pada sepuluh menit menjelang waktu normal 90 menit habis.

Kemenangan ini yang juga kemenangan ketiga kali berturut-turut tersebut mengantarkan tim asuhan Laurent Blanc enam poin memimpin puncak Ligue 1 setelah penguntit terdekatnya AS Monaco dikalahkan St Etienne sehari sebelumnya.

Setelah tak bisa menciptakan gol pada babak pertama, Zlatan Ibrahimovic mengaransemen gol Maxwell yang membuat seisi stadion Parc des Princes sontak bergembira. 

Setelah gol ini PSG terus menekan. Menyusul kerja cemerlang Blaise Matuidi dan Ibrahimovic, Lucas Moura hampir saja mencetak gol ketika upanya ditahan barisan belakang Marseille.

Blanc lalu memasukkan Cavani ketika waktu tersisa 20 menit dan sembilan menit sejak diturunkan pemain Uruguay ini membunuh harapan tim tamu dengan gol kedua PSG malam itu.

Tendangan pemain Marseille Marco Verratti malah jatuh ke kaki Gregrory van der Wiel yang diteruskan gelandang bertahan Belanda ini lewat umpan sempurna kepada Cavani yang mengakhirinya dengan sundulan melewati kiper Steve Mandanda untuk memperyakin hasil tiga poin PSG.

Pada pertandingan lain di Stade Grancois-Coty, tuan rumah AC Ajaccio takluk 2-3 dari tamunya Lille berkat trigol Salomon Kalou yang adalah trigol pertama Kalou di Ligue 1 Prancis.

Junior Tallo membawa Ajaccio unggul lebih dulu 1-0 lewat gol cepat pada menit 1, namun 24 menit kemudian Kalou menyamakan kedudukan.

Lille berbalik unggul 2-1 pada menit 38 berkat gol kedua Kalou dari titik penalti, namun Tallo menyamakannya lagi pada menit 42.

20 menit sebelum pertandingan usai, Lille kembali mendapat hadiah penalti setelah bek Ajaccio Grenddy Peroozo dinyatakan menarik Nolan Roux di kotak penalti. Kalou untuk kedua kali menjadi algojo dan sukses menciptakan gol kemenangan Lille.

Pada menit-menit terakhir Lille kehilangan satu pemain setelah Adama Saumaroro dikartumerahkan wasit, namun Lles Dogues tak tercegah lagi untuk naik ke posisi tiga klasemen Ligue 1.

Satu pertandingan lainnya, tuan rumah Lyon ditahan seri 0-0 oleh Montpellier, demikian espn,com.

Hasil pertandingan Liga Prancis:
AC Ajaccio 2, Lille 3
Lyon 0, Montpellier 0
Paris St-Germain 2, Marseille 0

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014