Pertemuan dengan Kapolri guna ingin mengetahui banyak tentang kejahatan-kejahatan yang terjadi di Kepolisian. Dan itu akan kita ikuti pertemuan-pertemuan dengan Jaksa Agung, KPK,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang (Pansus RUU) Keuangan Negara, Achsanul Qosasi mengatakan, pihaknya meminta masukan dari Kepala Kepolisian RI, Jenderal Pol Sutarman terkait kejahatan keuangan.

"Pertemuan dengan Kapolri guna ingin mengetahui banyak tentang kejahatan-kejahatan yang terjadi di Kepolisian. Dan itu akan kita ikuti pertemuan-pertemuan dengan Jaksa Agung, KPK," kata Achsanul di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Dikatakan, pertemuan Pansus RUU Keuangan Negara dengan Kapolri di Mabes Polri itu, banyak hal diperoleh tentang kejahatan keuangan sehingga dalam pembentukan Pansus Keuangan Negara dapat dipagari agar kejahatan keuangan itu tidak terjadi.

"Usulan Kapolri sangat bagus. Ada beberapa poin, termasuk kepolisian butuh kecepatan dalam hal penanganan mengawal demokrasi. Demo yang marak setiap daerah menjadi catatan untuk mendapat diskresi yang saat ini disebut dana kontijensi kepolisian agar bisa leluasa bergerak untuk public services untuk public safety sehingga keamanan dan pelayanan masyarakat itu, kepolisian lebih optimal," kata politisi Partai Demokrat.

Selain itu, Kepolisian juga menangani sejumlah kejahatan keuangan termasuk kasus pajak, bea cukai. "Tapi apa yang dilakukan oleh kepolisian sesuai koridor dan kewenangannya," kata dia.

Apa yang telah disampaikan Sutarman akan dibawa ke rapat Pansus RUU Keuangan Negara pekan depan.

(*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014