Sleman (ANTARA News) - Hujan deras di sertai angin kencang, Jumat siang menerjang wilayah Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga mengakibatkan sejumlah bangunan roboj dan pohon tumbang serta beberapa orang mengalami luka.

"Angin kencang melanda tiga desa di Kalasan, diantaranya Purwomartani, Selomartani dan Tamanmartani. Sejumlah rumah rusak, kandang ayam roboh dan pohon puluhan pohon tumbang," kata Camat Kalasan Samsul Bakri.

Menurut dia, kejadian tersebut juga mengakibatkan beberapa korban luka akibat tertimpa kandang ayam yang roboh.

"Namun hanya satu korban luka yang harus rawat inap, yang lainnya sudah diperbolehkan pulang," katanya.

Ia mengatakan, korban luka tertimpa kandang ayam di Dusun Grumbulgede, Selomartani yakni Eko Kusworo (35) warga Nangsri, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah yang mengalami luka pada kepala, retak tulang belakang ,kaki mengalami luka lebam dan dirawat di RS Panti Rini, Kalasan.

Kemudian, Agus Sulistyo (32) Warga Gebang Tlogosono, Purworejo luka memar di dada, Rangga Binowo Saputra (22) luka pada kaki.

"Sedangkan di Desa Purwomartani angin kencang mengakibatkan satu pohon beringin di Kampus Ukrim tumbang dan menimpa pos satpam hingga rusak," katanya.

Ia mengatakan, di Desa Selomartani satu kandang ayam di Dusun Grumbulgede roboh, Kemudian di Desa Tirtomartani sebuah bangunan gudang material milik Fredi roboh.

"Sementara itu beberapa rumah di Dusun Segaran dan Ngajeg Tirtomartani juga mengalami rusak akibat terjangan angin kencang," katanya.

Rumah yang rusak di Dusun Segaran diantaranya milik Supadi, kerusakan genteng rumah beterbangan, rumah milik Tumin kerusakan genteng dan seng beterbangan, rumah Daryati kerusakan genteng beterbangan.

"Di Dusun Ngajeg diantaranya rumah milik Kromoharjo, kerusakan roboh kandang kambing, Antonius Sucipto kerusakan pohon maoni tumbang menimpa rumah, Sudianto, kerusakan pohon mlinjo menimpa rumah, Yanto kerusakan pohon sengon tumbang menimpa atap rumah," katanya.

Samsul mengatakan, untuk kejadian di Desa Tamanmartani diantaranya kandang ayam di Dusun Tegalrejo milik Ari Wibowo warga Gantiwarno, Klaten roboh.

Kemudian rumah milik Budi di Dusun Jongkangan, kerusakan kandang ayam, di Dusun Pakem tertimpa pohon, Hariyanto Dusun Jongkangan kerusakan "Greenhouse" roboh.

Rumah milik Ngadiyo Dusun Ringinsari, kerugian kandang ayam roboh, Suko Dusun Ringinsari kerugian kandang ayam roboh.

"Tiang listrik di Perum Taman Sejahtera roboh dan puluhan pohon tumbang di sejumlah jalan," katanya.(*)

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014