Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PP Perpani) meminta tambahan kuota atlet untuk Asian Games 2014 kepada tim seleksi Satlak Prima karena kuota yang ada dinilai jauh dari tim ideal.

Satlak Prima sebelumnya hanya memberikan kuota enam atlet saja yang akan diberangkatkan ke Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, 18 September-4 Oktober mendatang. Bagi Perpani tim ideal untuk turun di kejuaraan multi event level Asia adalah 16 atlet.

"Rabu (19/2), kami akan bertemu dengan tim seleksi, koordinator cabang olahraga dan Prima untuk membahas masalah penambahan kuota atlet," kata Sekjen Perpani Alman Hudri di Kantor PP Perpani Senayan, Jakarta, Selasa.

Enam atlet yang sudah masuk kuota untuk diberangkatkan ke Asian Games 2014 adalah Dellie Threesya Dinda, Rona Sisca dan Sri Ranti untuk nomor compound serta Ika Yuliana Rochmawati, Diananda Chairunnisa dan Titik Kusumawardhani untuk nomor recurve.

Menurut dia, untuk mengajukan kuota ideal Asian Games 2014 pihaknya akan mengajukan nama-nama atlet yang dinilai layak terutama untuk sektor putra seperti Riau Ega, Hanif Wijaya (Jambi), dan Hendra Purnomo (Yogyakarta).

"Kami lihat ketiganya bagus. Khusus Ega adalah satu-satunya atlet recurve yang nilainya sejajar dengan atlet Asia seperti Korea dan Jepang. Untuk Hanif dan Hendra hasil skoringnya melebihi seniornya di SEA Games 2013," katanya menambahkan.

Selain dilihat dari kemampuan atlet, kata Alman, diajukannya lagi beberapa nama atlet Asian Games Incheon karena pada kejuaraan multi even empat tahunan ini akan dipertandingkan nomor compound untuk pertama kalinya.

"Kami berharap dengan dipertandingkannya compound di Asian Games, atlet kami juga dimasukkan. Beri kesempatan kami untuk menguji anak-anak sesuai hasil di Taiwan yang mendapat peringkat empat besar," kata pria yang juga manajer pelatnas panahan ini.

PP Perpani sebenarnya mengajukan 23 atlet untuk menjalani pelatnas Asian Games 2014 maupun SEA Games 2015. Hanya saja Satlak Prima hanya menyetujui 12 atlet yang terdiri enam atlet Asian Games dan enam atlet SEA Games 2015.

Padahal PP Perpani sendiri berharap khusus untuk Asian Games 2014 mendapatkan jatah 16 atlet dengan perincian empat untuk recurve putri, empat untuk recurve putra, empat untuk compound putra, dan empat compound putri.

Meski belum ada kepastian tambahan kuota, atlet panahan Indonesia yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 sudah menjalani pemusatan latihan sejak awal Februari. Pelaksanaan pelatnas ini mundur satu bulan dari jadwal yang telah ditetapkan yaitu Januari.

(B016/I007)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014