Denpasar (ANTARA News) - Salah satu peserta konvensi calon presiden Partai Demokrasi Marzuki Alie pada kegiatan debat capres tersebut di Denpasar, Bali, tidak bisa hadir karena ada tugas kenegaraan.

"Bapak Marzuki Alie besok berhalangan hadir dalam konvensi debat capres Partai Demokrat, karena ada tugas kenegaraan," kata anggota Komite Konvensi Capres Demokrat Putu Suasta di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, peserta konvensi capres lain yang berjumlah 10 orang dipastikan akan hadir untuk mengikuti debat capres tersebut pada putaran kelima di Bali dari jadwal 11 kota di Indonesia.

"Para peserta konvensi capres yang berjumlah 11 orang tersebut akan terus mengikuti kegiatan tersebut di sebelas kota di Tanah Air," ujarnya yang didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta serta pengurus daerah lainnya.

Suasta mengatakan kegiatan debat capres ini adalah bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan para capres tersebut, baik menyampaikan misi dan visinya.

"Masing-masing kota mengangkat tema kegiatan debat tersebut berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk menguji sejauh mana capres tersebut mampu menjawab dan memberikan solusi terkait persoalan yang dihadapi daerah itu," kata politikus asal Kota Denpasar ini.

Suasta lebih lanjut mengatakan dari 11 kandidat capres Demokrat diawali dengan survei dan mereka harus lolos dari kreteria yang telah disepakati oleh partai.

"Perjaringan agar masuk menjadi 11 peserta cukup ketat. Selain dari hasil survei. Mereka harus memenuhi 100 kreteria yang diajukan partai," ucapnya.

Pelaksanaan debat konvensi capres Demokrat di Bali, kata dia, akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu kelompok Garuda yang terdiri dari Dahlan Iskan, Pramono Edhie Wibowo, Irman Gusman, Anis Braswedan dan Marzuki Alie.

Sedangkan untuk kelompok Rajawali adalah Gita Wirjawan, Ali Masykur Musa, Hayono Isman, Edriartono Sutarto, Dino Patti Djalal dan Sinyo Haris Sarundajang.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014