Jakarta (ANTARA News) - Artis Jennifer Dunn memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan oleh Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan, adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

"Jennifer datang memenuhi panggilan KPK, dan Jennifer juga patuh, mobilnya sudah diserahkan," kata kuasa hukum Jennifer, Hotman Paris Hutapea, saat mendampingi kliennya tiba di KPK Jakarta, Jumat.

Ia lalu memberikan penjelasan tentang mobil Toyota Alphard Vellfire bernomor polisi B 510 JDC milik Jennifer yang disita KPK di rumahnya pada Rabu (12/2). Menurut dia, mobil itu pemberian dari Wawan.

"Dia tanda tangan secara sukarela, mengenai detail apa jawabannya, kami tidak mau mendahului karena di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dulu," jelas Hotman.

Namun ia menolak menjelaskan hubungan Jennifer dengan Wawan.

"Tidak etis kalau (dijelaskan) sekarang, namun yang jelas mobil itu diakui dari Wawan, sudah jujur dia," tambah Hotman.

Hari ini KPK juga menjadwalkan pemanggilan artis Chaterine Wilson dalam penyidikan perkara TPPU Wawan, namun hingga saat ini Chaterine belum memenuhi panggilan KPK.

Dalam kasus Wawan, KPK sudah menyita sekitar 25 mobil, termasuk beberapa mobil mewah seperti Lexus RS 460 L hitam bernomor polisi B 888 ARD, Nissan GTR B 888 GAW, Land Cruiser hitam B 888 TCW, Lamborgini Aventador B 888 WAN, Bentley Continental, Ferrari merah B 888 GIF, Rolls Royce Flying Spur B 888 CHW dan satu motor Harley Davidson B 3484 NWW.

Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, KPK belum selesai melacak harta Wawan yang diduga berasal dari tindak pidana.

Selain menjadi tersangka perkara pencucian uang, Wawan juga menjadi tersangka perkara suap terkait penanganan sengketa pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi, kasus korupsi pengadaan alat kesehatan untuk puskesmas di Kota Tangerang Selatan tahun 2012, dan korupsi pengadaan alat kesehatan di Provinsi Banten.

Berdasarkan Laporan Kekayaan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) istri Wawan, Wali Kota Tangeran Selatan Airin Rachmi Diany, tertanggal 24 Agustus 2010, hartanya mencapai Rp103 miliar dan RP22,1 miliar di antaranya berupa mobil-mobil mewah.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014