Nilainya triliunan rupiah, dan itu jelas memberi peluang baru untuk penyerapan tenaga kerja dan juga investasi."
Bandung (ANTARA News) - Produsen ban asal Italia, Pirreli bersama PT Astra Indonesia akan membangun pabrik berkapasitas besar di wilayah Kabupaten Subang.

"Pabrik ban itu rencananya di wilayah Subang, pemiliknya Pirreli dan Astra," kata Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryaman Sutrisno di Bandung, Kamis.

Menurut Agung, pabrik ban tersebut akan dibangun di lahan seitar 30 hektar di kawasan industri Subang itu. Namun demikian ia tidak menyebutkan besaran investasi yang akan ditanamkan di pabrik ban itu.

"Nilainya triliunan rupiah, dan itu jelas memberi peluang baru untuk penyerapan tenaga kerja dan juga investasi," kata Agung.

Pembangunan pabrik ban kelas dunia itu, merupakan salah satu dari sejumlah pabrik yang akan dibangun di wilayah Jabar. Selain di Jabar beberapa investor juga akan membangun pabriknya di Kabupaten Karawang dan Purwakarta.

"Daftarnya sudah masuk di BKPPMD Jabar, dan itu menunjukkan Jabar masih menjadi daerah tujuan investasi yang strategis dan kondusif," kata Agung.

Selain itu Kadin Jabar juga mendorong investor untuk menanamkan modalnya di kawasan industri baru di kawasan industri Jabar timur, Kertajati Aerocity yang akan berdekatan dengan Bandara Internasional Jawa Barat.

"Di kawasan Kertajati Aerocity disiapkan lahan seluas 5.000 hektar untuk industri, sejumlah investor sudah masuk, juga ada rencana relokasi industri ke sana," kata Ketua Kadin Jabar itu menambahkan. (*)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014