Surabaya (ANTARA News) - Tuan rumah Persebaya meraih kemenangan pada laga pembuka kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, setelah menundukkan Mitra Kukar 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu.

Dua gol kemenangan "Bajul Ijo" diborong Emmanuel "Paco" Kenmogne pada menit ke-16 dan 68 (penalti). Sementara gol balasan Mitra Kukar hasil tendangan bebas Erick Week Lewis pada menit ke-19.

Laga kedua tim berakhir dengan protes dari kubu Mitra Kukar atas kepemimpinan wasit yang dianggap kurang fair (adil). Pemain dan ofisial Mitra Kukar menyerbu wasit usai peluit panjang dibunyikan.

Satu menit sebelum laga berakhir, terjadi kemelut di depan gawang Persebaya dan pemain Mitra Kukar menganggap ada salah satu pemain lawan yang tangannya menyentuh bola, tetapi wasit dan hakim garis tidak melihatnya.

Pelatih Mitra Kukar Stefan Hansson dan ofisial serta pemain yang berada di bangku cadangan sontak berdiri meneriaki wasit dan mendekati inspektur pertandingan untuk melancarkan protes.

Sebelum ini, pemain Mitra Kukar juga melancarkan protes saat wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah, setelah Alfin Tuasalamony dijatuhkan Zulkifli Syukur di pertengahan babak kedua.

"Kami sebenarnya menargetkan bisa rebut satu angka di laga pertama ini. Tapi, wasit membuat keputusan lain dan kami tidak bisa protes lagi karena laga sudah selesai," kata pelatih Mitra Kukar, Hansson, usai pertandingan.

Kapten tim Mitra Kukar Zulkifli Syukur mengatakan pertandingan sebenarnya berjalan cukup seimbang, tetapi Persebaya lebih beruntung bisa memenangkan laga tersebut.

Persebaya sebenarnya memiliki dua peluang emas untuk menambah gol lewat Greg Nwokolo, namun dua kali bola sontekan dari Greg yang mengarah ke gawang berhasil dibuang oleh Park Chul Young.

Sebaliknya, upaya Mitra Kukar untuk menyeimbangkan skor melalui Zulham Zamrun dan Jajang Mulyana selalu kandas di barisan belakang Persebaya.

"Semestinya kami bisa menang dengan gol lebih banyak, tetapi beberapa peluang bagus justru gagal dimaksimalkan oleh anak-anak," ujar pelatih Persebaya Rahmad Darmawan.

Susunan pemain:

- Persebaya: Ferry Rotinsulu (pg), Hasim Kipuw, Ambrizal, OK John, Leo Saputra, Manahati Lestusen, Patrice Nzekou, M Ilham/Novri Setiawan, Alfin Tuasalamony/Fandi Eko Utomo, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne.

- Mitra Kukar: Joice Sorongan (pg), Zulkifli Syukur, Park Chul Young/Dedi Gusmawan, Reinaldo Lobo, Diego Michiels, Bima Sakti, Raphael Maitimu, Erick Week Lewis, Anindito, Zulham Zamrun, Jajang Mulyana/Fadhil Sausu.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014